Masjid Tiban Turen Malang dan Cerita Mistis Yang Berkembang

Masjid Tiban Turen Malang dan Cerita Mistis Yang Berkembang

Diposting pada
  • 1
    Share

Masjid Tiban Turen Malang adalah sebenarnya Pondok Pesantren Salafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah yang terletak di Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pondok Pesantren Salafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah. Dibalik semua isu yang berkembang tentang masjid tiban ini yang perlu ada tahu adalah Masjid Tiban Turen memang memiliki bagunan yang megah.

Keindahan arsitektur Masjid Tiban Turen Malang ini perpaduan dari arsitektur gaya Eropa, India, Arab dan Cina, dihiasi ornamen bernuansa kaligrafi berlapis emas yang bentuk, warna dan coraknya berbeda-beda antara satu ruangan dengan ruangan lainnya.

Cerita di Balik Masjid Tiban Turen Malang

Masjid Tiban Turen Malang dan Cerita Mistis Yang Berkembang

Disebut Masjid Tiban Turen Malang ini karena Konon ceritanya masjid yang mempunyai bangunan sangat megah. Ini dibangun tanpa sepengetahuan warga sekitar, dan menurut mitos dibangun oleh jin masjid turen malam hari dalam waktu hanya semalam.

Namun, ketika desas-desus ini dikonfirmasi kepada ke orang dalam pesantren. Dikatakan bahwa pembangunan masjid yang sebenarnya merupakan kompleks pondok pesantren secara keseluruhan. Semua bersifat transparan karena pembangunannya dikerjakan oleh para santri dan jamaah.

Bantahan itu jelas mengenai masjid yang tiba2 ada sendiri terpampang di depan meja penerima tamu dengan tulisan besar-besar. “Apabila ada orang yang mengatakan bahwa ini adalah pondok tiban (pondok muncul dengan sendirinya), dibangun oleh jin dsb. itu tidak benar.

Masjid Tiban Turen Malang dan Cerita Mistis Yang Berkembang

Karena bangunan ini adalah Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah yang murni dibangun oleh para santri dan jamaah. Masjid tersebut kini juga kerap dikunjungi masyarakat yang penasaran dengan cerita yang beredar tentang masjid tersebut.

Oleh sebab itu sepanjang jalan menuju lokasi kini dipenuhi para pedagang dari masyarakat sekitar masjid. Sementara kendaraan besar harus parkir di pingir jalan raya. Selain bisa berkunjung dan melihat-lihat suasana di bagian dalam Masjid Tiban anda juga akan disambut sebuah kejutan di lantai atas.

Di sini anda bisa menjumpai kubah yang berhiaskan dengan motif-motif cantik, sebuah kolam berisi aneka macam ikan, kebun jagung. Bahkan semacam pelataran yang dihiasi sebuah pohon kurma buatan yang lengkap dengan hiasan lampu warna-warni.

Di sana ada juga kera, rusa, burung merak dan berbagai satwa yang di pelihara para santri yang sengaja dibiarkan berkeliaran di pelataran yang asik untuk menjadi pemandangan jika anda sedang berkunjung di masjid tiban turen. Baca juga: 9 Wisata Sejarah di Malang Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi.
Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *