Mengenal Wisata di Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara

Mengenal Wisata di Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara

Diposting pada

Wisata di Kabupaten Nunukan – Kalimantan Utara adalah salah satu yang termasuk dalam kategori Provinsi termuda di #Indonesia. Ditetapkan sebagai provinsi ke-34 oleh DPR RI pada tanggal 25 Oktober 2012 berdasarkan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2012.

Kalimantan Utara memiliki lima wilayah administrasi, yaitu satu kota dan empat kabupaten, namun belum menentukan ibu kota provinsinya. Provinsi Kalimantan Utara berbatasan langsung dengan Malaysia Timur yaitu bagian Sabah dan Sarawak.

Wisata di Kabupaten Nunukan

Mengenal Wisata di Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara

Wilayah Kalimantan Utara meliputi Kota Tarakan, Kabupaten Bulungan, Kabupaten Malinau, Kabupaten Nunukan, dan Kabupaten Tana Tidung. Kalimantan Utara memiliki destinasi wisata yang luar biasa seperti wisata alam pegunungan, sungai, hutan lindung, dan air terjun.

Di setiap Kabupaten di Kalimantan Utara banyak mempunyai tempat-tempat wisata yang patut di perhitungkan sebagai tujuan traveling anda. Misalnya saja di Kabupaten Nunukan ada terdapat wisata yang sudah terkenal saat ini yaitu Batu Madu.

Wisata Batu Madu pada Puncak Bukit Batu Sicien namun yang lebih terkenal dengan sebutan Batu Madu. Terletak pada ketinggian lebih dari 1000 meter diatas permukaan laut. Batu Sicien memiliki legenda yang menyimpan sejarah masyarakat Dayak Lun Dayeh.

Selain tempat wisata batu madu juga terdapat beberapa tempat wisata yang menarik lainnya di kaltara diataranya seperti air terjun Ruab Sebiling yang memiliki ketinggian 25 meter. Air terjun ini terdapat di desa Bae Liku di hulu sungai Krayan.

Menurut legenda masyarakat setempat, tempat dimana air terjun berada merupakan tanah keramat yang pernah didiami oleh suku Adda  yang berarti hantu. Hulu sungai Krayan berarus deras yang dikelilingi oleh hutan rimba sehingga bisa di jadikan sebagai tempat wisata arung jeram yang menarik.

Mungkin ulasan diatas baru sekelumit tentang mengenai beberapa tempat wisata di Kalimatan Utara khususnya di Kabupaten Nunukan. Di lain kesempatan akan traveluxion kupas lebih luas lagi tempat-tempat wisata populer di kabupaten Nunukan Kalimantan utara.

Pada artikel ini walaupun tidak banyak dalam ulasan, paling tidak ini bisa memberikan gambaran tentang potensi wisata yang ada di Kabupaten nunukan.

Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

0 thoughts on “Mengenal Wisata di Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *