Nagari Pariangan Desa Terindah Di Dunia di Ranah Minang Sumatera Barat

Nagari Pariangan Desa Terindah Di Dunia di Ranah Minang Sumatera Barat

Diposting pada

Nagari Pariangan Desa Terindah Didunia – Bercerita mengenai tempat wisata Sumatera barat paling indah yang sudah terkenal  ingatan kita langsung tertuju dan langsung mengingat sebuah nama Pariangan. Merupakan nagari di kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar. Terletak di sebuah lereng Gunung Marapi pada ketinggian sekitar  500-700 meter di atas permukaan laut. Menurut Tambo Minangkabau Pariangan merupakan nagari tertua di ranah Minang.

Di nagari ini termasuk tempat yang memiliki tujuan wisata sejarah desa terindah di dunia sumbar menarik dan terbaik. Karena dinagari tersebut masih banyak peninggalan berupa rumah adat tradisional yang disebut rumah gadang (Bahasa Minang, rumah besar). Rumah tradisoanal yang masih terjaga dengan baik hingga sampai sekarang masih bisa anda jumpai.

O ya.. di sumatera barat ada istilah sebutan nagari, itu merupakan pembagian wilayah administratif sesudah kecamatan di provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Istilah nagari menggantikan istilah desa, yang digunakan di provinsi Sumbar.  Desa Pariangan ini mempunyai kultur budaya khas Minang yang masih sangat kental sekali. Terlebih di desa ini, para pengunjung pun bisa menjumpai keberadaan rumah adat khas Minang yang berdiri dengan kokoh.

Wisata Nagari Pariangan Desa Terindah di Dunia

Nagari Pariangan Desa Terindah Di Dunia di Ranah Minang Sumatera Barat

Yang menjadi daya tarik dan keunikan Nagari pariangan adalah sebuah bagunan Rumah Gadang khas Minang yang ada di tempat ini dibangun secara detail sekali desainnya. Bahkan masyarakat setempat pun membangun rumah tersebut dengan tanpa menggunakan paku seperti halnya di tempat lain. Di nagari ini masyarakat membangun rumahnya murni secara tradisional. 

Jika anda berkunjung ke Nagari Pariangan tersebut pada bagian tengah dari nagari ini masih berdiri sebuah surau tuo pariangan atau masjid tradisional yang cukup besar. Diperkirakan sudah ada di awal abad kesembilan belas. Di mana pada masjid tersebut terdapat tempat mandi umum berair panas yang masih digunakan sampai sekarang. 

Selain itu anda bisa lebih kenal mengenai asal usul / sejarah nagari pariangan yang menarik untuk anda ketahui yang bisa anda dapatkan dari penduduk setempat. Karena keindahan alam dan wisata sejarah maupun budayanya yang masih terjaga hingga sekarang. Nagari (Desa) ini masuk dalam daftar desa paling indah dunia.

Terbukti Pada Mei 2012, Nagari (desa) Pariangan terpilih sebagai salah satu dari lima desa terindah di dunia versi Budget Travel, sebuah majalah pariwisata internasional. Berkat gelar desa terindah tersebut, Nagari Pariangan pun kini mulai populer dan dikenal. Bukan hanya dari wisatawan lokal namun juga turis mancanegara kerap datang menikmati pemandangan nan elok di Ranah Minang ini.

Baca Juga: Pesona Lembah Harau Kota Payang Kumbuh Sumatera Barat

Lokasi Nagari Pariangan Sumatera Barat

Nagari Pariangan Desa Terindah Di Dunia di Ranah Minang Sumatera Barat

Nagari Pariangan ini merupakan sebuah desa kecil di kabupaten tanah datar yang luas hanya 17,97 kilometer persegi. Yang menjadi bagian dari wilayah provinsi Sumatera Barat. Desa ini berjarak kurang lebih sekitar 95 kilometer di arah utara dari Kota Padang. Selain itu, Desa Pariangan ini berjarak sekitar 35 kilometer dari Kota Bukittinggi.

Nagari Pariangan ini juga dikenal sebagai desa dengan suasana yang asri. Ditambah lagi, desa ini terletak di ketinggian mencapai 500 hingga 700 mdpl. Jadi tidak heran kalau para pengunjung yang datang ke tempat ini pun bakal betah. Berkat suasananya yang masih terjaga keasriannya serta udaranya segar.

Cara Menuju Nagari Pariangan Sumatera Barat

Bagi wisatawan yang tertarik untuk berkunjung ke salah satu desa terindah di dunia ini ternyata tidak terlalu sulit, karena sudah terdapat Bandara Minangkabau di Kota Padang yang melayani rute penerbangan baik domestik ataupun internasional. Jadi, untuk menuju ke tempat wisata sumatera barat khususnya yang ingin ke Nagari pariangan, para traveler bisa menjadikan Padang sebagai pintu masuk untuk menuju ke pariangan. 

Perjalanan berikutnya adalah dari Kota Padang menuju Nagari Pariangan yang merupakan Desa terindah di dunia ini lokasinya terletak di antara Kota Batusangkar dan Kota Padang Panjang. Untuk menuju ke tempat tersebut, anda (wisatawan) bisa menggunakan kendaraan umum dengan waktu tempuh kurang lebih sekitar 2 jam perjalanan menuju Batusangkar.

Sesampainya di Batusangkar, bisa menggunakan jasa ojek, mini bus ataupun bus menuju lokasi desa pariangan. Jarak yang ditempuh sudah tidak begitu jauh lagi hanya sekitar 13 kilometer atau bisa ditempuh dengan setengah jam perjalanan. Baca Juga: 10 Makanan Khas Sumatera Barat Yang Paling Terkenal

Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *