Nikmatnya Sotong Pangkong, Makanan Khas Kota Pontianak

Diposting pada

Sotong Pangkong Makanan Khas Kota Pontianak – Indonesia kaya akan berbagai aneka kuliner, berbeda daerah berbeda pula makanan khasnya.salah satunya Sotong pangkong merupakan salah satu makanan khas kota pontianak yang terbuat dari sotong/cumi kering.

Bagi masyarakat Pontianak sotong pangkong menjadi salah satu makanan khas yang banyak diburu para kuliner dan menjadi cemilan favorit saat bulan Ramadhan. Sotong pangkong mempunyai rasa yang unik dengan sedikit liut (bhs ptk) namun tetap saja menjadi keasyikan tersendiri bagi penikmatnya.

Apa itu Makanan Khas Kota Pontianak Sotong Pangkong?

Nikmatnya Sotong Pangkong, Makanan Khas Kota Pontianak

Sebagian orang ada yang menyebut sotong sama seperti cumi meskipun keduanya berbeda, sotong memiki bentuk tubuh yang pipih sedangkan cumi berbentuk silinder, dan cangkang dalam sotong tersusun dari kapur yang keras sedangkan cumi-cumi lebih lunak.

Sedangkan pangkong sendiri merupakan bahasa Pontianak yang artinya di pukul dengan palu. Dengan tujuan agar cumi lunak saat hendak dimakan mengingat sotong memiliki teksur yang keras atau biasa di sebut ulet sehingga susah untuk di gigit.

Sotong Pangkong memiliki cita rasa alami yang khas sehingga tidak perlu dicampur dengan bumbu. Tentunya bebas pengawet sudah bisa di nikmati lang lungsung setelah di bakar.

Sotong Pangkong diproses dengan cara di jemur/keringkan terlebih dahulu agar kadar airnya berkurang. Kemudian setelah kering langsung bisa dibakar dengan arang. Kemudian dipukul-pukul untuk menghasilkan rasa gurih dan tekstur yang lunak agar lebih mudah untuk menggigitnya.

Baca Juga: Jemput-Jemput Jajanan Tradisional Khas Pontianak Kalbar

Sotong Pangkong Makanan khas Pontianak

Makanan khas Pontianak ini biasanya disajikan dengan beberapa pilihan jenis saus, ada saus ebi, saus kacang dan saus sambal terasi. Sambal tersebut dibuat dengan bahan dasar cabai, gula jawa, cuka makan dan asam jawa. Sehingga rasa gurih, pedas, asam dari sambalnya sangat menggugah selera dan membuat ketagihan bagi yang mencicipinya.

Rasa gurih dari sotong pun semakin terasa nikmat saat disantap dengan saus sambal tersebut. Meskpun begitu kebanyakan Sotong Pangkong disantap dengan saus kacang dengan rasa nikmat gurihnya. Jika anda berkunjung ke pontianak kurang afdol jika belum merasakan nikmatnya makanan khas pontianak yang bernama sotong pangkong.

Tapi sayangnya jika hari biasa agak susah di temui karena agak jarang yang menjual makanan musiman ini. Namun jika bulan ramadhan tiba anda akan melihat pemandangan yang unik hampir sepanjang jalan bisa di lihat para pedagang berjejer menjual sotong pangkong. Baca Juga: Cafe Terapung, Sensasi Bersantai di Tepian Sungai Kapuas Pontianak

Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *