Danau Sentani Papua, Wisata Alam Dengan Sejuta Pesona

Danau Sentani Papua, Wisata Alam Dengan Sejuta Pesona

Diposting pada

Danau Sentani Papua – Bukan hanya destinasi wisata bahari papua saja yang terkenal, namun ada tempat wisata yang menarik lainnya berupa sebuah danau. Selain keindahan danau sentani juga merupakan danau terbesar di papua, Indonesia. Danau ini memiliki luas sekitar 9.360 ha dan berada pada ketinggian 75 mdpl. dan kawan ini bagian dari Cagar Alam Cycloops yang memiliki luas sekitar 245.000 ha.

Air yang ada di danau yang memiliki luas ribuan hektar ini berasal dari air hujan serta 32 sumber mata air yang mengalir dari pegunungan, namun sekitar 13 mata air yang ada telah mengering akibat penebangan, pembukaan lahan bagi pemukiman penduduk, serta kemarau panjang yang sering terjadi.

Wisata Alam Danau Sentani Papua

Danau Sentani Papua, Wisata Alam Dengan Sejuta Pesona

Berbicara mengenai kedalaman dari danau ini sekitar 160 m, dan akan terus berkurang akibat adanya sedimentasi pasir, batu, kayu, plastik, botol plastik, kaleng, sampah kota, serta besi bekas yang bisa mencapai 90 ton/tahun. Kenyataan ini tentu saja memprihatinkan, sebab selain menjadi salah satu Destinasi wisata alam andalan di Provinsi Papua, Danau Sentani juga menjadi tumpuan hidup masyarakat yang tinggal disekitar danau tersebut. 

Masyarakat memanfaatkan kekayaan biota yang ada di danau. Seperti ikan dan udang air tawar sebagai untuk tambahan mata pencarian, karena Danau Sentani memiliki kekayaan biota danau yang cukup melimpah. Kawasan Wisata Danau Sentani ini merupakan habitat alamiah bagi beberapa ikan air tawar. Seperti anus sp, nesilurus novaeguineae, chilathenina sentaniensis, glossolepis incisus, dan glossogobius koragensis, hiu gergaji (pristis microdon) atau hiu sentani. 

Aktivitas Menarik di Kawasan Danau Sentani Papua

Bagi anda yang berkeinginan untuk melihat keragaman jenis ikan tersebut, Anda dapat melakukan penyelaman. Kegiatan ini merupakan kegiatan favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke danau sentani Papua. Khususnya bagi para penghobi kegiatan menyelam. Di Danau sentani anda juga bisa meneikmati kegiatan lain selain menyelam.  Salah satunya dengan melakukan kegiatan seperti berenang, bersampan, memancing, maupun bermain ski air.

Anda juga dapat menikmati pemandangan menarik dengan menyaksikan hamparan air yang luas dengan dihiasi pulau-pulau. Pesona dan dayatarik pulau yang ada di kawasan danau setani papua ini membentuk susunan bukit-bukit menghijau di tengah danau. Sehingga membuat danau ini tampak indah dan menjadi destinasi yang banyak dikunjungi wisatawan terutama saat liburan tiba.

Mengunjungi danau sentani anda bisa menyaksikan ikan-ikan yang hidup alami. Di danau ini juga terdapat hamparan keramba yang dipergunakan sebagai pembudidayaan ikan. Beberapa komoditas ikan yang dibudidayakan pada keramba tersebut seperti ikan mujair, ikan nila, dan ikan mas. 

Selain ikan ada juga Jenis ikan lain yang cukup terkenal karena rasanya yang manis dan lezat adalah ikan gabus Sentani. Berwisata di danau sentani, selain menyaksikan berbagai jenis ikan yang terdapat dikeramba budidaya. Anda dapat menyaksikan penduduk lokal yang melakukan aktivitas sehari-hari. Seperti membuat lukisan dengan bahan dasar kulit kayu, memahat ukiran-ukiran kayu, menanam sayuran ditengah danau.

Kebiasaan Unik Masyarakat Danau Sentani Papua

Ada satu kebiasaan unik masyarakat danau sentani yaitu menyelam sambil merokok. Kebiasaan merokok ini sudah muncul sejak lama. Masyarakat lokal yang mencari ikan dengan cara menombak di dalam air mencoba mengalahkan dinginnya air danau dengan cara merokok. Tidak seperti merokok pada umumnya, untuk keperluan penyelaman, rokok yang telah menyala dimasukan kedalam mulut dengan posisi terbalik (bagian depan yang menyala dimasukan kedalam mulut). 

Dengan cara tersebut, hawa panas dari bara api tembakau dapat membantu menyelam untuk menghangatkan tubuh. Karena terlindungi di dalam mulut, setelah naik ke permukaan rokok tetap dapat dihisap kembali seperti biasa. Hal ini bisa menjadi nilai tambah sebagai keunikan daya tarik bagi wisatawan.

Baca Juga: Keistimewaan Wisata Kepulauan Raja Ampat di Papua

Festival Danau Sentani Papua

Festival Danau Sentani Papua

Ketika anda sedang berkeinginan mencari tempat liburan, khusunya di Provinsi Papua, Indonesia, Danau Sentani bisa menajadi destinasi wisata yang anda kunjungi. Hal menarik lainnya yang dapat dinikmati oleh wisatawan yang mengunjungi Objek Wisata Danau Sentani adalah festival Danau Sentani. 

Festival ini di laksanakan pada pertengahan bulan juni dengan menampilkan atraksi budaya dari kampung-kampung (ondoafi) di sekitar Danau Sentani.  Pada Festival Danau Sentani banyak kegiatan yang dilakukan masyarakat papua. Khususnya kegiatan yang dilakukan di wilayah sekitar danau. Seperti menampilkan tarian khas papua di atas perahu. Tarian perang yang juga diperagakan di atas perahu dan semua kegiatan ini diperagakan oleh masyarakat setempat. 

Festival Danau Sentani Papua

Anda bisa menyaksikan kegiatan dalam Festival ini dengan melihat parade budaya di atas perahu dan di darat berada dikawasan danau sentani papua. Kegiatan festival parade budaya di atas perahu ini sesuai tradisi sebagai penutupan festival. Baru kemudian dilaksanakan upacara sakral, seperti penobatan ondoafi dan ritual adat lainnya.

Destinasi Wisata Danau Sentani lainnya

Danau Sentani Papua, Wisata Alam Dengan Sejuta Pesona

Bukan hanya menikmati keindahan objek wisata alam danau sentani dan kegiatan festival saja. Saat berada dikawasan ini anda juga bisa mengunjungi tugu Jendral Douglas Mc Arthur. Mc Arthur ini merupakan salah satu pimpinan tentara sekutu pertama yang mendarat di Papua. Untuk mengenang kedatangan pasukan tersebut, masyarakat membangun Tugu Mc Arthur, yang lokasinya tidak jauh dari Danau Sentani. 

Setelah puas berkeliling kenikmati pesona keindahan danau, Anda dapat beristirahat sekaligus menikmati makanan dengan menu utama ikan dan udang air tawar. Karena di tepi danau sudah banyak terdapat restoran-restoran yang menawarkan kuliner khas ikan air tawar yang terkenal lezat. 

Menu yang sulit di lupakan oleh wisatawan yang pernah ke Danau Sentani adalah ikan gabus kuah asam. Disajikan dengan kuah asam memiliki rasa manis yang lezat. Restoran yang berada di tepian danau sentani pada umumnya berbentuk rumah panggung dengan pemandangan langsung ke arah danau.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Tercantik Selain Pantai di Papua Yang Paling Populer

Akses/Lokasi Objek Wisata Danau Sentani

Jika dilihat lokasi objek wisata Danau sentani, Secara administratif masih masuk dalam wilayah kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, Indonesia. Dari Bandara Sentani di Jayapura, Anda dapat menumpangi angkutan umum jalur Abepura-Sentani dengan waktu tempuh sekitar 20 menit. 

Bagi anda yang berangkat dari Jakarta untuk Akses menuju Sentani bisa ambil rute menggunakan pesawat menuju Bandara Sentani di Kabupaten Jayapura, Papua Indonesia. Biasanya pesawat akan transit terlebih dahulu di Bandara Sultan Hasanuddin di Makassar, Sulawesi Selatan. Kemudian beberapa maskapai perlu transit lagi di Bandara Frans Kaiseipo di Kota Biak, Kabupaten Biak Numfor, Papua.

Untuk lama perjalanan udara dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Bandara Sentani sekitar 8 jam, sudah termasuk waktu check-in dan waktu transit. Saat ini maskapai nasional yang sudah melayani rute tersebut antara lain seperti maskapai Lion Air, Garuda, Merpati, Express Air, dan Sriwijaya Air.  

Jarak dari Bandara Sentani ke Danau Sentani sangat dekat, hanya sekitar 10 menit dengan perjalanan darat. atau untuk lebih nyaman Anda bisa menyewa mobil (rental) yang sudah tersedia di bandara. Hal ini guna untuk memudahkan anda untuk berkeliling selama liburan di papua. 

Okomodasi di Objek Wisata Danau Sentani Papua

Okomodasi di Objek Wisata Danau Sentani Papua

Ditepian Danau Sentani, Anda dapat menyewa perahu milik penduduk setempat untuk mengelilingi danau atau mengelilingi pulau-pulau yang ada danau sentani. Salah satu pulau yang terkenal di danau sentani jayapura ini adalah Pulau Ayapo. Di pulau tersebut terdapat perngrajin-pengrajin dari masyarakat setempat yang handal. Dengan melukis baju-baju dari kulit dengan motif khas yang bisa anda jadikan oleh-oleh khas jayapura, papua.

Jika Anda ingin berlama-lama di sekitar danau juga sudah terdapat penginapan yang bisa Anda pilih. Penginapan yang terdapat di sekitar danau maupun di kota Jayapura.  Walaupun masih terbilang hotel kelas melati, namun sudah di lengkapi fasilitas penunjang. Fasilitas penunjang wisata lainnya di danau sentani, seperti sudah terdapat fasilitas bank, sarana telekomunikasi, serta transportasi yang cukup memadai.

Demikianlah Informasi mengenai Danau Sentani Papua, Wisata Alam Dengan Sejuta Pesona. Jangan lupa juga jika anda sedang berada di Papua untuk menikmati Pantai Pasir Enam Tempat Wisata Jayapura Favorit Wisatawan. Semoga objek wisata danau sentani dapat menjadi referensi dan agenda perjalanan wisata Anda selanjutnya.

Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *