Waduk Sermo, Wisata Alam Kulon Progo Yogyakarta Yang lagi Hitz

Waduk Sermo, Wisata Alam Kulon Progo Yang lagi Hitz

Diposting pada

Waduk Sermo Wisata Alam Kulon Progo – Berbicara mengenai tempat wisata di Jogja seakan tidak ada habisnya. Seakan ada saja muncul wisata baru di Jogja. Tentu anda tahu bahwa jogja banyak sekali memiliki destinasi wisata yang sangat populer di Kalangan traveller. Mengunjungi jogja hanya sehari seakan terasa seperti mimpi.

Tidak puas kalau tidak mengeksplore tempat-tempat wisata di Jogja, dari mulai wisata di sekitar Jogja Kota, wisata alam, wisata budaya dan wisata lainnya. Untuk wisata alam jogja khususnya di kulo progo ada wisata Alam buatan yang lagi hits yaitu Waduk Sermo. Ini merupakan sebuah waduk yang dibangun untuk tujuan utama sebagai penyediaan air bersih dan irigasi bagi masyarakat sekitar.

Namun karena  waduk sermo memiliki pemandangan yang indah, sehingga waduk ini dimanfaatkan sebagai tempat tujuan wisata yang menyenangkan. Berada disini Para wisatawan dapat menikmati keindahan waduk Sermo serta dapat berkeliling disekitar waduk dengan menggunakan perahu wisata.

Waduk Sermo, Wisata Alam Kulon Progo Yogyakarta Yang lagi Hitz

Kegiatan menarik lainnya anda bisa memancing ikan bagi yang hobi memancing untuk mengisi waktu weekend. Selain bagus sebagai tujuan wisata, Waduk Sermo juga sangat bagus untuk wisata pendidikan. Dalam hal ini dapat digunakan oleh para akademisi untuk belajar tentang berbagai hal terkait waduk Sermo baik dari aspek teknis bangunan, geologi, sosial, dll.

Waduk Sermo kulon Progo memang sering dijadikan sebagai lokasi field trip atau study banding para mahasiswa. Terutama yang ingin mempelajari mengenai teknis pembangunan Waduk Sermo ini.

Sejarah Pembangunan Waduk Sermo Wisata Alam Kulon Progo

Mengenai sejarah dibangunnya Waduk SermoWisata Alam Kulon Progo, dibangun pada saat Pemerintahan Presiden Soeharto atau pada masa orde baru. Waduk Sermo dibangun dengan membendung Kali Ngrancah dan lama pembangunannya sekitar 2 tahun 8 bulan.

Lokasi awal sebelum dibangun waduk adalah berupa lahan pertanian dan pemukiman penduduk, sehingga pada saat pembangunan, Pemerintah memfasilitasi warga yang bertempat tinggal di lokasi pembangunan Waduk Sermo untuk transmigrasi Bedol Desa.

Waduk Sermo, Wisata Alam Kulon Progo Yogyakarta Yang lagi Hitz

Pada waktu itu berjumlah 100 Kepala Keluarga ditransmigrasikan ke Tak Toi Bengkulu dan 7 KK ditransmigrasikan ke Perkebunan Inti Rakyat (PIR) Kelapa Sawit Riau. Tujuan pembangunan waduk ini adalah untuk suplesi sistem irigasi daerah Kalibawang yang memiliki cakupan areal seluas 7.152 Ha.

Sistem irigasi tersebut merupakan interkoneksi dari beberapa daerah irigasi. Pada tanggal 20 November 1996 pembangunan Wisata Waduk Sermo Kulon Progo Yogyakarta yang Indah telah selesai dibangun dan kemudian diresmikan oleh Presiden Soeharto.

Baca Juga: Kalibiru Tempat Wisata Alam Jogja Yang lagi Populer

Lokasi Wisata Alam Waduk Sermo 

Waduk Sermo, Wisata Alam Kulon Progo Yogyakarta Yang lagi Hitz

Letak Waduk Sermo boleh dibilang cukup strategis, karena berada diantara dua bukit dan disekelilingnya masih banyak ditumbumbuhi pepohonan. Adanya cagar alam atau hutan wisata yang membuat suasana di sekitar waduk sermo nampak hijau dan sejuk. Di objek wisata ini sudah terdapat jalan yang melingkar mengelilingi waduk. Sehingga memudahkan pengunjung menikmati Waduk Sermo dari sudut pandang manapun dengan leluasa.

Waduk yang diresmikan oleh Presiden Soeharto 20 November 1996 silam saat ini menjadi objek Wisata Alam Kulon Progo yang ramai dikunjungi saat sore hari. Lebih ramai lagi saat akhir pekan dan menjadi salah satu wisata yang lagi hitz di Jogja khususnya di daerah Kulon Porgo.

Bila anda tertari mengunjungi dan menikmati keindahan wisata waduk sermo, lokasinya berada di Desa Hargowillis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jarak lokasi Waduk Sermo dari pusat kota Yogyakarta sekitar 32 kilometer. Baca Juga: Tempat Wisata Seni dan Budaya Bantul Jogja Yang Menarik Dikunjungi.

Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *