Obyek Wisata Pesona Candi Prambanan

Obyek Wisata Pesona Candi Prambanan

Diposting pada

Wisata Pesona Candi Prambanan – Berkunjung ke Yogyakarta tidak lengkap rasanya jika tidak berkunjung juga di candi Prambanan. Karena letak candi Prambanan tidak begitu jauh dengan kota yogya. Jarak antara jogja dengan candi Prambanan cukup di tempuh dengan kendaraan bermotor dengan lama perjalanan setengah jam saja kalau tidak macet, tapi jarang terjadi kemacetan kecuali malam minggu itu juga hanya daerah tertentu saja.

Pesona Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah candi Hindu terbesar di Indonesia bahkan menjadi di antara candi Hindu terindah di area Asia Tenggara. Sudah masuk ke dalam susunan UNESCO sebagai World Wonder Heritage atau Cagar Budaya Dunia yang mesti dilestarikan pada tahun 1991 silam. Dimana urusan itu tidak terlepas dengan kemegahan arsitektur Candi Prambanan yang sangat estetis.

Obyek Wisata Pesona Candi Prambanan

Menjadikan Candi Prambanan adalah maha karya umat Hindu di Indonesia yang di bina pada abad ke-9 masehi oleh Wangsa Sanjaya. Dan sekarang menjadi di antara objek wisata sejarah yang ramai dikunjungi baik tersebut wisatawan lokal maupun mancanegara.

Lokasi Candi Prambanan

Candi Prambanan berada pada desa Prambanan Kecamatan Bokoharjo, Yogyakarta. Dimana candi ini sangat gampang terlihat dan ditemukan sebab elevasi candi yang menjulang sampai setinggi 47 m. Candi Prambanan mempunyai 3 candi utama yaitu candi Brahma, Wisnu, dan Siwa dimana ketiga candi itu adalah sebuah emblem Trimurti dalam keyakinan umat Hindu. Di samping candi utama, pun terdapat sejumlah candi pendamping dan sejumlah candi ekstra yang tidak kalah menarik.

Hal yang unik dari Candi Prambanan ialah relief-relief yang ada pada dinding candi dimana ada relief cerita fenomenal yakni cerita Ramayana yang menjadi relief utama serta sejumlah relief lainnya laksana pohon kalpataru yang untuk umat Hindu diandalkan sebagai simbol kelestarian, pohon kehidupan, dan keserasian lingkungan, dimana urusan itu membuktikan bahwa pada abad ke 9 lalu, masyarakat Jawa telah mengenal kebijaksanaan dalam mengawal dan melestarikan lingkungan.

Menarik bukan guna dikunjungi ? di Candi Prambanan ini juga ada area dan taman bermain guna anak-anak bagi kamu yang hendak berwisata dengan keluarga, dan pun kendaraan berkeling candi Prambanan memakai kereta mini. Pada unsur dalam Taman Wisata Prambanan ini terdapat suatu museum yang sudah dilengkapi dengan perlengkapan audio visual tentang sejarah Candi Prambanan untuk semua wisatawan.

Baca Juga: 12 Tempat Wisata di Jogja Seputar Kota Yang Perlu Anda Tahu

Harga tiket masuk Candi Prambanan

  • Wisatawan Domestik

Harga tiket masuk Candi Prambanan untuk orang dewasa sebesar Rp 30.000, Sedangkan untuk anak-anak sebesar Rp12.500.

  • Wisatawan Mancanegara

Untuk WNA dewasa dikenakan 18 USD, sedangkan untuk anak-anak sebesar 9 USD.

Jam operasional Candi Prambanan ini dari pukul 06.00 – 17.00 WIB.

Tips Berkunjung ke Candi Prambanan

Luas lokasi tempat wisata candi prambanan ini tentu saja akan membuat kaki terasa pegal. Oleh sebab itu harus dipersiapkan fisik agar mengelilingi semua lokasi yang ada di Candi Prambanan. Belum lagi jika berkunjung di siang hari dengan ditambah teriknya matahari. Maka untuk menghindari berkunjungnya di pagi hari agar tidak terlalu panas.

Jangan lupa pakai alas kaki seperti memakai sepatu agar lebih nyaman. Bawa barang bawaan secukupnya saja, terutama harus membawa minuman agar tidak kehausan.

Itu saja informasi yang bisa dibagikan agar bisa menjadi gambaran jika anda ingin mengunjungi dan menikmati pesona candi prambanan. Dari pada penasaran lebih baiknya atur jadwal untuk berwisata ke candi prambanan agar tidak penasaran. Baca Juga: Tempat Wisata Seni dan Budaya Bantul Jogja Yang Menarik Dikunjungi

Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *