Pesona Bawah Laut Taman Nasional Bunaken di Sulawesi Utara

Pesona Bawah Laut Taman Nasional Bunaken di Sulawesi Utara

Diposting pada

Taman Nasional Bunaken merupakan perwakilan ekosistem perairan tropis Indonesia yang terdiri dari ekosistem hutan bakau, padang lamun, terumbu karang, dan ekosistem daratan/pesisir.Taman Nasional Bunaken adalah taman laut yang terletak di Propinsi Sulawesi Utara, Indonesia.

Taman Nasional Bunaken terletak di Segitiga Terumbu Karang yang menjadi habitat bagi mahluk hidup kurang 390 spesies terumbu karang dan juga berbagai spesies ikan, moluska, reptil dan mamalia laut.

Taman Nasional Bunaken

Pesona Bawah Laut Taman Nasional Bunaken di Sulawesi Utara

TN Bunaken merupakan perwakilan ekosistem laut Indonesia. Meliputi padang rumput laut, terumbu karang dan ekosistem pantai ini didirikan pada Tahun 1991 dan meliputi wilayah seluas 890.65 km². 97% dari taman nasional ini merupakan habitat laut. Sementara 3% sisanya merupakan daratan, meliputi lima pulau: Bunaken, Manado Tua, Mantehage, Naen dan Siladen.

Lokasi Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional Bunaken dapat dicapai melalui Pelabuhan Manado, Marina Nusantara Diving Centre (NDC) di Kecamatan Molas dan Marina Blue Banter. Dari Pelabuhan Manado dengan menggunakan perahu motor menuju pulau Siladen dapat ditempuh + 20 menit, pulau Bunaken + 30 menit, pulau Montehage + 50 menit dan pulau Nain +60 menit.

Dari Blue Banter Marina dengan menggunakan kapal pesiar yang tersedia menuju daerah wisata di pulau Bunaken dapat ditempuh dalam waktu 10-15 menit, sedangkan dari pelabuhan NDC menuju lokasi penyelaman di pulau Bunaken dengan menggunakan speed boat ditempuh dalam waktu + 20 menit.

Pada bagian Utara terdiri dari pulau Bunaken, pulau Manado Tua, pulau Montehage, pulau Siladen, pulau Nain, pulau Nain Kecil, dan sebagian wilayah pesisir Tanjung Pisok. Sedangkan pada bagian Selatan meliputi sebagian pesisir Tanjung Kelapa.

Daratan yang merupakan bagian dari pulau taman nasional ini kaya dengan berbagai jenis tanaman seperti jenis palem, sagu, woka, silar dan kelapa. Jenis satwa yang ada di daratan dan pesisir  taman nasional bunaken antara lain kera hitam Sulawesi (Macaca nigra nigra), rusa (Cervus timorensis russa), dan kuskus (Ailurops ursinus ursinus).

Baca Juga: Pulau Cinta Surganya Wisata Bahari di Gorontalo Sulawesi Utara

Jenis Tumbuhan di Taman Nasional Bunaken

Pesona Bawah Laut Taman Nasional Bunaken di Sulawesi Utara

Jenis tumbuhan yang ada di hutan bakau Taman Nasional Bunaken yaitu Rhizophora sp., Sonneratia sp., Lumnitzera sp., dan Bruguiera sp. Hutan ini kaya dengan berbagai jenis kepiting, udang, moluska dan berbagai jenis burung laut seperti camar, bangau, dara laut, dan cangak laut.

Jenis ganggang yang terdapat di taman nasional ini meliputi jenis Caulerpa sp., Halimeda sp., dan Padina sp. Padang lamun yang mendominasi terutama di pulau Montehage, dan pulau Nain yaitu Thalassia hemprichii, Enhallus acoroides, dan Thalassodendron ciliatum.

Tercatat 13 genera karang hidup di perairan Taman Nasional Bunaken, didominasi oleh jenis terumbu karang tepi dan terumbu karang penghalang. Yang paling menarik adalah tebing karang vertikal sampai sejauh 25-50 meter.

Baca Juga: Pulau Lembeh, Tempat Wisata Favorit di Sulawesi Utara

Jenis Ikan di Perairan Taman Nasional Bunaken

Pesona Bawah Laut Taman Nasional Bunaken di Sulawesi Utara

Sekitar 91 jenis ikan terdapat di perairan Taman Nasional Bunaken. Diantaranya ikan kuda gusumi (Hippocampus kuda), oci putih (Seriola rivoliana), lolosi ekor kuning (Lutjanus kasmira). Goropa (Ephinephelus spilotoceps dan Pseudanthias hypselosoma). Ila gasi (Scolopsis bilineatus), dan dan masih banyak lagi lainnya.

Jenis moluska seperti kima raksasa (Tridacna gigas), kepala kambing (Cassis cornuta), nautilus berongga (Nautilus pompillius), dan tunikates/ascidian.

Taman Nasional bunaken merupakan surganya bagi penyelam dengan menikmati keindahan bawah laut. Dengan aneka karang dan jenis ikan yang sangat indah. Bagi yang suka snorkling dan menyelam Taman Nasional Bunaken yang berada di ropinsi Sulawesi Utara ini merupakan tempat tujuan para penyelam dari Dalam Negeri maupun Manca Negara. Yang sengaja datang untuk menikmati keindahan yang ada di laut bunaken.

Taman Nasional bunaken juga merupakan wisata alam yang sangat menyenangkan meskipun hanya 3 % luas darantan. Akan tetapi pemandangan yang di sajikan di taman ini sangat indah cocok bagi anda yang menyukai wisata di alam bebas dengan nuansa yang masih sangat alami. Baca Juga: 6 Resort Diving Terbaik di Pulau Lembeh Sulawesi Utara
Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *