Pesona Objek Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu di Bandung

Pesona Objek Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu di Bandung

Diposting pada
  • 1
    Share

Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu – Kota Bandung merupakan kota metropolitan terbesar di Provinsi Jawa Barat, sekaligus menjadi ibu kota provinsi tersebut. Kota ini terletak 140 km sebelah tenggara Jakarta, dan merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya menurut jumlah penduduk.

Selain terkenal sebagai kota metropolitan bandung juga mendapat julukan sebagai kota kembang. Pada zaman dulu kota ini dinilai sangat cantik dengan banyaknya pohon-pohon dan bunga-bunga yang tumbuh di Bandung. Kota bandung juga terkenal sebagai kota belanja. Dengan mall dan factory outlet yang banyak tersebar di kota ini. Saat ini berangsur-angsur kota Bandung juga menjadi kota wisata kuliner.

Dan pada tahun 2007, British Council menjadikan kota Bandung sebagai pilot project kota terkreatif se-Asia Timur. Kota Bandung merupakan salah satu kota tujuan utama pariwisata Indonesia khususnya di Pulau jawa. Provinsi ini banyak memiliki tempat-tempat wisata menarik yang bisa anda jadikan sebagai tujuan wisata.

Selain menjadi tempat tujuan wisata menarik, Bandung juga merupakan tempat yang cocok sebagai tempat berburu kuliner. Bisa dikatakan sebagai surganya wisata kuliner. Banyak sekali Wisata Kuliner Kota Bandung Yang Perlu Anda Coba, jika sedang berada di kota ini.

Untuk tempat wisata di bandung yang terkenal banyak sekali. Untuk kali ini akan mengulas tempat wisata yang mungkin anda sudah tidak asing lagi mendengarnya yaitu Objek wisata Tangkuban Perahu. Ya…benar gunung tangkuban perahu, Orang Indonesia mana yang tidak kenal dengan salah satu Tempat Wisata di Bandung yang melegenda ini.

Dari mulai anak kecil hingga orang dewasa pasti sudah tahu kepopuleran objek wisata Tangkuban Perahu. Apa lagi tempat wisata bandung ini di dukung dengan cerita legenda yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Sehingga banyak mengundang rasa penasaran para wisatawan untuk mengunjunginya.

Cerita Legenda Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu

Pesona Objek Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu di Bandung

Gunung Tangkuban Perahu memiliki cerita rakyat tersendiri seperti halnya tempat wisata danau toba di Sumatera utara. Gunung Tangkuban Perahu juga memiliki cerita legenda tentang asal-usul terbentuknya gunung ini. Cerita legenda tentang asal usul gunung tangkuban perahu ini sudah sangat terkenal di masyarakat Indonesia yaitu cerita legenda Sangkuriang dan Dayang Sumbi.

Singkatnya, cerita tersebut adalah dimana Sangkuriang jatuh cinta kepada seseorang perempuan sangat cantik. Perempuan tersebut yang tak lain adalah ibunya sendiri.Namun hal ini terjadi karena ketidak tahuan sangkuriang (anaknya dayang sumbi). Karena ketertarikanannya sangkuriang dengan dayang sumbi, sehingga sangkuriang ingin menikahi ibu kandungnya tersebut.

Namun ibunya (Dayang Sumbi/Rarasati) ingin menggagalkan niat anaknya karena ibunya tahu bahwa itu anak kandungnya. Dalam cerita legenda sangkuriang ini, Kisahnya Dayang Sumbi mengajukan syarat kepada Sangkuriang bahwa jika ingin menikahinya. Dia harus membuat sebuah danau (telaga) dan perahu dalam semalam.

Namun, usaha Sangkuriang pada akhirnya gagal. Kemudian Sangkuriang marah dan menendang perahu yang dibuatnya itu sehingga terpental dan mendarat terbalik. Perahu inilah yang menjadi asal-usul dari gunung Tangkuban Perahu.

Objek Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu

Pesona Objek Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu di Bandung

Tangkuban Perahu atau Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu gunung yang terletak di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Saat ini menjadi salah satu objek wisata terkenal di Indonesia, baik di kalangan wisata domestik maupun internasional. Letaknya Sekitar 20 km ke arah utara Kota Bandung.

Kawasan wisata gunung tangkuban perahu terdapat banyak pohon pinus yang rimbun dan hamparan kebun teh di sekitarnya. Sehingga suhu kawasan wisata tangkuban perahu bisa dibilang dingin. Rata-rata suhu hariannya adalah sekitar  17 derajat celcius pada siang hari. Pada saat malam hari gunung tangkuban perahu suhunya sekitar 2 derajat celcius.

Gunung Tangkuban Perahu mempunyai ketinggian setinggi 2.084 meter. Bentuk gunung ini adalah Stratovulcano dengan pusat erupsi yang berpindah dari timur ke barat. Gunung yang terbilang masih aktif ini merupakan sebuah kawasan tempat wisata alam Bandung yang berdekatan dengan daerah lembang bandung dan juga merupakan Wisata Alam Jawa Barat Paling Terkenal dan Populer

Tempat wisata alam khas pegunungan yang banyak memiliki keunikan. Tentunya keindahan panorama serta kesejukan udaranya ini mampu menarik banyak jumlah wisatawan untuk berkunjung ke tempat wisata Bandung. Tempat wisata yang terkenal dengan keasrian alamnya. Objek wisata gunung tangkuban perahu banyak dikunjungi wisatawan terutama pada saat akhir pekan maupun ketika liburan panjang.

Lokasi Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Pesona Objek Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu di Bandung

Bagi anda yang sedang berkunjung ke Bandung, kurang afdhol rasanya jika belum mengunjungi objek wisata Gunung Tangkuban Perahu. Akses jalan tempat wisata gunung Tangkuban Perahu sudah bagus. Anda bisa menggunakan mobil sendiri, sepeda motor, atau memakai jasa angkutan umum yang ada di wilayah Tangkuban Perahu, Berada di Cikole Lembang sebelah utara Kota Bandung.

Jika dari arah Kota Bandung, anda bisa melakukan perjalanan menuju objek wisata Gunung Tangkuban Perahu dengan jarak  sekitar 7 Km ke arah Lembang. Kemudian mengambil jalur utara ke arah Subang dengan jarak tempuh sekitar 5 s/d 7 Km. Kemudian ketika sasudah sampai di daerah Cikole atau perbatasan Bandung dengan Subang anda ke arah kiri yang merupakan daerah Tangkuban Perahu.

Kalau sudah sampai, disitu ada papan penunjuk jalannya. Kemudian perjalanan dilanjutkan mendaki ke kawasan kawah Tangkuban Perahu. Saat anda melakukan perjalan mendaki akan disuguhkan pemandangan kawah yang sangat menakjubkan. Anda bisa mengabadikan dengan cara berfoto atau berselfi, tentu hal ini sayang untuk dilewatkan.

Daya Tarik Tempat Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Daya tarik utama dari tempat rekreasi yang satu ini tentu saja pesona alamnya yang sangat indah. Pemandangan kawah ditambah dengan dinginnya udara di sekitarnya pasti akan membuat wisatawan merasa betah di tempat wisata Bandung ini. Apalagi di sini kita bisa melihat beberapa kawah. Misalnya Kawah Ratu yang menjadi kawah utama, Kawah Domas, dan juga Kawah Upas.

Diantara dayatarik dan pesona Tangkuban Perahu, salah satunya adalah para pengunjung bisa berdiri di pinggir kawah dan menyaksikan pemandangan menakjubkan secara langsung dari sebuah proses alam berupa sisa letusan gunung berapi. Bagi beberapa orang malah merasa tidak afdhol jika ke Tangkuban Perahu tapi tidak turun ke dasar kawah, disitu ada dua kelompok kawah pusat yang masih aktif. ‘

Kelompok pertama disebut dengan Kawah Pangguyangan Badak dengan Kawah Upas dan Ratu sebagai kawah utama. Dikawasan inilah para pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan kawah tersebut. Dimana para pedagang banyak yang menjual cendera mata.

Untuk selalu menjaga kebersihan dan tidak melakukan vandalisme pihak pengelola mengalokasikan yaitu di sebelah timur lapangan parkir yaitu dengan cara membangun kios-kios kecil yang di bangun secara memanjang dari utara sampai selatan.

Tiket Masuk Objek Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Untuk dapat masuk ke tempat wisata Gunung Tangkuban Perahu, anda dapat membeli karcis masuknya dengan harga sebagai berikut :

Harga tiket masuk ini pada hari biasa sekitar Rp. 15.000 – Rp. 20.000 untuk wisatawan lokal. kemudian harga tiket masuk untuk wisatawan mancanegara sekitar Rp. 100.000 – Rp. 200.000. Sedangkan pada hari libur harga tiket kasuk ke gunung Tangkuban Perahu ini sektar Rp. 22.500 – Rp. 30.000 untuk wisatawan lokal. Kemudian untuk harga tiket masuk wisatawan mancanegara sekitar Rp. 150.000 – Rp. 300.000.

Tiket Parkir Kendaraan di Tangkuban Perahu Hari Biasa:
  • Untuk Tiket parkir kendaraan sepeda biayanya sekitar Rp. 5.000 – 7.000,
  • Tiket parkir kendaraan roda dua sekitar Rp. 7.000 – Rp. 12.000,
  • Tiket parkir roda empat sekitar Rp. 15.000 – Rp. 25.000,
  • Tiket parkir kendaraan roda enam sekitar Rp. 60.000 – Rp. 110.000

Sedangkan untuk hari libur Tiket Parkir Kendaraan di Tangkuban Perahu:

  • Untuk Tiket parkir kendaraan sepeda biayanya sekitar Rp. 7.000 – 10.000,
  • Tiket parkir kendaraan roda dua sekitar Rp. 9.500 – Rp. 17.000,
  • Tiket parkir roda empat sekitar Rp. 20.000 – Rp. 35.000,
  • Tiket parkir kendaraan roda enam sekitar Rp. 75.000 – Rp. 150.000

Untuk harga tiket memang akan ada perubahan harga dari waktu ke waktu, harga tiket masuk dan parkir diatas hanya sebagai gambaran saja jika anda yang ingin berlibur di Objek wisata Tangkuban perahu, agar bisa menyesuaikan budget yang ada miliki.

Baca Juga: Menikmati Indahnya 15 Pesona Alam Tempat Wisata Di Lembang Paling Eksotis

Tips Berwisata di Gunung Tangkuban Perahu

Ada beberapa tips bila anda ingin mengunjungi objek wisata Gunung Tangkuban Perahu Bandung, Berikut tips-tips yang bisa anda ikuti sehingga kegiatan liburan anda bisa lebih menyenangkan:

1. Tidak ada hotel di komplek wisata Gunung Tangkuban Perahu. Jadi, bila kita ingin menginap, terlebih dahulu harus keluar dari area wisata. Jangan khawatir, ada cukup banyak hotel di Lembang yang dekat dengan kawasan wisata Tangkuban Perahu.

2. Bila anda berencana ingin wisata di Tangkuban Perahu bandung, disarankan menggunakan kendaraan pribadi, karena dari pintu masuk menuju kawah jaraknya agak jauh. Kalaupun ada angkutan umum, tarifnya cukup mahal, jadi untuk berhemat bisa menggunakan motor pribadi.

3. Bawalah saputangan atau masker untuk menghindari bau belerang khas pegunungan dan jangan lupa bawa pakaian hangat seperti jaket dan syal agar tidak kedinginan.

4. Jika haus atau lapar, anda membeli makanan dan minuman dari para pedagang yang banyak ditemui di area wisata Tangkuban Perahu. Namun akan lebih baik dan sedikit hemat bila membawa makanan sendiri, karena harga makanan di tempat wisata bisa jauh lebih mahal.

Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *