Pulau Lemukutan Tempat Wisata Paling Populer di Kalimantan Barat

Pulau Lemukutan Tempat Wisata Paling Populer di Kalimantan Barat

Diposting pada

Pulau Lemukutan adalah salah satu wisata pantai yang ada di Provinsi Kalimantan Barat. Tepatnya berada di Kabupaten Bengkayang. Jika anda sedang mengunjungi tempat wisata di pontianak kalimantan barat, jangan lupa bagi yang hobi wisata pantai untuk mengunjungi Pulau Lemukutan.

Bukan hanya pulau ini saja yang bisa anda jadikan tujuan tempat wisata. Karena di dekat Pulau Lumukutan juga terdapat beberapa pulau lainnya yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Seperti Pulau Randayan, Pulau Kabung, dan pulau kecil lainnya.

Jadi bisa sekali jalan anda bisa menikmati keindahan pulau-pulau yang ada di Kabupaten Bengkayang, khususnya Pulau Lumukutan.

Destinas Wisata Pulau Lemukutan  Bengkayang

Pulau Lemukutan pulau lemukutan di kalimantan barat pulau lemukutan randayan pulau lemukutan kalimantan pulau lemukutan dimana pulau lemukutan 2014 wisata pulau lemukutan

Wisata pantai Bengkayang ini merupakan wisata pantai yang paling populer di Bengkayang setelah Pulau Randayan. Dari tiga pulau (pulau randayan, pulau lemukutan, pulau kabung) yang bisa anda jelajahi masing-masing memberikan dayatarik tersendiri.

Baik dilihat dari segi pemandangan, wisata bawah lautnya dan kelengkapan okomodasi di pulau tersebut. Untuk pulau Randayan, jika dibandingkan dengan pulau Kabung dan pulau lemukutan termasuk pulau yang paling kecil.

Namun Pulau Randayan memiliki fasilitas sudah terbilang lengkap. Seperti hotel/vila untuk menginap wisatawan, masjid dan beberapa gazebo untuk tempat bersantai.

Pulau Lemukutan (lemukutan island) merupakan pulau yang masuk wilayah Kecamatan sungai raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang Kalbar.

Perbedaan Pulau lemukutan dengan pulau Randayan adalah pulau Randayan tidak ada penduduk sedangkan pulau lemukutan ada penduduk.

Bila anda ingin wisata / berkunjung ke pulau Lemukutan jangan kuatir tidak ada teman. Karena di sana banyak penduduk yang ramah siap menyambut kedatangan para pengunjung pulau ini.

Akses Lokasi / Letak Pulau Lemukutan

Salah satu Tempat wisata di kalimantan barat ini banyak di jadikan tujuan liburan. Karena lokasinya tidak terlalu jauh dengan Tempat Wisata di Singkawang. Jika dilihat dari peta kalbar kedua daerah ini bersebelahan , karena memang dulu ini merupakan satu daerah yang masuk kabupaten Sambas.

Bagi anda yang ingin berwisata kepulau Lemukutan atau pulau randayan bisa terlebih dahulu mengunjungi tempat wisata di Singkawang.

Untuk liburan ketempat wisata Bengkayang, seandainya anda baru  pertama kali dan belum tahu akses menuju wisata pulau lemukutan anda bisa menggunakan kendaraan atau transfortasi air.

Untuk Kapal motor biasanya tersedia di daerah Teluk suak. Sekitar 115 Km dari Kota Pontianak, atau 32 Km dari Kota Singkawang. Angkutan penumpang tersebut yang hanya tersedia sekitar pukul 9.00 sampai dengan 10.00 WIB.

sejarah pulau lemukutan letak pulau lemukutan lokasi pulau lemukutan gambar pulau lemukutan keindahan pulau lemukutan peta pulau lemukutan luas pulau lemukutan

Lama perjalanan dari teluk suak ke pulau lemukutan sekitar kurang lebih 1 jam. Sepanjang perjalanan anda terlebih dahulu akan disuguhkan pemandangan gugusan pulau-pulau lain yang nampak indah.

Selain itu pemandangan bawah lautnya tidak kalah indah dan menarik untuk dinikmati. Air yang jernih, menyebabkan dasar laut dengan tumbuhan karang berwarna-warni. Dapat dilihat langsung dari atas perahu/motor air. 

Setelah sampai di Pulau Lemukutan anda bisa menikmati pemandangan hamparan pohon kelapa, pohon cengkeh yang tumbuh di hamparan Pulau Lemukutan. Daerah pulau yang sedikit berbukit, menjadikan pulau lemukutan mempunyai pesona alam indah dan udaranya yang masih bersih dari polusi.

Menikmati keindahan Pulau Lemukutan tidak cukup hanya sehari, karena banyak sekali tempat menarik di Pulau ini dan sekitarnya yang bisa anda jelajahi.

Untuk yang ingin berlama-lama di Palau Lemukutan anda bisa menyewa penginapan milik masyarakat setempat yang banyak tersedia dengan harga sewa sangat terjangkau.

Kegiatan Bisa anda lakukan di Pulau Lemukutan 

 misteri pulau lemukutan travel pulau lemukutan penginapan pulau lemukutan video pulau lemukutan info pulau lemukutan paket pulau lemukutan

Banyak hal bisa dilakukan saat berada di pulau lemukutan. Selain suasananya yang tenang dengan pemandangan indah untuk di nikamti, anda bisa berenang di pantai.

Airnya yang jernih sehingga anda akan melihat ikan-ikan yang berlalu lalang. Belum lagi ditambah dengan tumbuhan karang yang masih terjaga. Meskipun ada sebagian yang rusak.

Di Pulau lemukutan hampir sama kegiatan yang bisa kita lakukan seperti saat mengunjungi objek wisata Pulau Randayan. Karena memang letak pulaunya tidak terlalu jauh dengan pulau Lemukutan.

Anda bisa menikmati liburan di Pulau ini dengan cara memancing. Tempat wisata ini masih banyak sekali ikan karang yang siap menjadi target. Bisa juga dengan melakukan snorkling melihat pemandangan bawah laut.

 tour pulau lemukutan pulau lemukutan bengkayang pulau lemukutan kalimantan barat cerita pulau lemukutan pulau lemukutan di singkawang pulau lemukutan dan randayan deskripsi pulau lemukutan foto pulau lemukutan pulau lemukutan kalbar pulau lemukutan singkawang kalbar

Dengan air yang bening anda bisa melihat ikan dengan berbagai jenis dan tumbuhan karang di dasar laut. Kita bisa melihat berbagai warna menarik, sehingga membuat betah berlama-lama mewnikmati pemandangan bawah lautnya.

Bagi yang hobi dengan kegiatan snorkling, dan tidak membawa peralatan jangan kuatir. Di pulau lemukutan saat ini sudah ada tempat untuk penyewaan alat snorkling. Harga sewanya juga masih terbilang sangat murah. Hanya 50 ribu saja dan ini bisa di gunakan sepuasnya( seharian ).

Baca Juga: Tempat Wisata Pantai Samudra Indah di Bengkayang Kalimantan Barat 

Di Pantai pulau Lemukutan dengan kegiatan menyelam anda juga bisa melihat hewan bercangkang kima. Di pantai/laut pulau lemukutan merupakan salah satu kawasan konservasi untuk kebun kima.

Ini merupakan salah satu tempat kebun kima yang ada di Indonesia yaitu di pantai lemukutan. Namun untuk hewan kima ini jangan di ambil, sebab binatang jenis kima dilindungi hanya boleh di lihat tidak boleh di ambil apa lagi di rusak demi menjaga kelestariannya.

Objek wisata Bengkayang ini sangat cocok sekali untuk mengisi liburan. Baik liburan bersama teman maupun keluarga. Itu karena berlibur di pulau lemukutan lebih asik kalau rombongan jadi akan terasa keseruannya.

Pulau Lemukutan selalu rame pada hari-hari libur. Apa lagi lokasinya tidak terlalu jauh dari Kota Singkawang dan tidak juga jauh dari tempat wisata pasir panjang singkawang. Makanya pulau ini selalu ramai dikunjungi para pengunjung yang ingin liburan.

Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *