Pulau Randayan Tempat Wisata Favorit di Bengkayang Kalimantan Barat

Pulau Randayan Tempat Wisata Favorit di Bengkayang Kalimantan Barat

Diposting pada
  • 1
    Share

Pulau randayan merupakan salah satu pulau yang berada di Kabupaten Bengkayang namun letaknya lebih dekat dengan Kota Singkawang. Lebih dekat lagi dengan tempat wisata Singkawang yaitu Pasir Panjang. Biasanya Bengkayang terkenal dengan daerahnya berupa perbukitan karena memang banyak sekali wisata yang berhubungan dengan daerah bukit seperti yang terkenal dan populer dengan Pesona Lautan Awan Tempat Wisata Bukit Jamur Bengkayang Kalbar.

Namun sebenarnya Kabupaten bengkayang memiliki wilayah berupa pantai/laut dan beberapa pulau. Namun kebanyakan wisatawan dari luar kota mengenal pulau ini masuk kawasan kota singkwang. Jika dilihat secara letak Kota singkawang memang lebih dekat dengan pulau-pulau yang ada di Kabupaten Bengkayang.

Pulau yang ada di Kabupaten Bengkayang yang terkenal diantaranya seperti Pulau Lemukutan, Pulau Kabung, Pulau randayan dan masih ada beberapa lagi Pulau lainnya.

Keindahan Obyek Wisata Pulau Randayan Bengkayang

Pulau Randayan Tempat Wisata Favorit di Bengkayang Kalimantan Barat

Tentu semua sudah bisa menebak keindahan yang ditawarkan tempat wisata yang identik dengan pulau, yaitu panorama keindahan alam pantai dan wisata bawah laut menjadi ciri khas. Begitu juga wisata Pulau di Bengkayang dekat dengan tempat wisata Kota Singkawang ini juga memiliki keindahan pantai dan wisata bawah laut. Menjadi salah satu wisata andalan Kabupaten Bengkayang.

Pada kesempatan ini Traveluxion.web.id akan membahas tentang tempat wisata di Bengkayang yang berhubungan dengan wisata pantai di pulau yaitu wisata Pulau randayan. Seperti disebutkan diatas jika wisatawan / pengunjung mungkin jika pertama kali meilihat Pulau Randayan akan mengira pulau ini masuk kawasan Kota Singkawang.

Dilihat secara letak tempat wisata ini lebih dekat jika ditempuh dari Kota Singkawang, namun secara adminitratif Pulau randayan masuk dalam wilayah Kabupaten Bengkayang Kalbar.

Daya Tarik Obyek Wisata Pulau Randayan

Pulau Randayan Tempat Wisata Favorit di Bengkayang Kalimantan Barat

Tempat wisata di Bengkayang ini berdekatan dengan Pulau Lemukutan yang merupakan juga salah satu tempat wisata di Bengkayang, letaknya tidak begitu jauh dari Pulau Lemukutan hanya sekitar lima belas menit perjalanan menggunakan motor air.

Pulau randayan memiliki keindahan pantai dengan pasir putih yang cantik dan ditambah ada sebagian pantai dengan hiasan batu karang yang membuat pulau randayan nampak lebih indah. Pantai pulau randayan masih sangat terjaga sehingga nampak sangat bersih, menjadikan tempat ini cocok untuk dijadikan tempat bersantai menghilangkan kepenakan dari kegiatan rutinitas sehari-hari.

Banyak pengunjung atau wisatawan dari luar kota Bengkayang yang datang ke pulau ini untuk menikmati pulau yang mempunyai pantai yang indah dan wisata bawah lautnya yang masih terjaga dengan baik. Karena memang kawasan ini masuk dalam kawasan koservasi Kabupaten Bengkayang.

Pulau Randayan Bengkayang sekarang sudah menjadi obyek wisata yang sudah cukup terkenal dan Populer di Kalimantan Barat. Letaknya yang setrategis dan tempatnya yang di kelilingi banyak pulau di sekitarnya, menambah keindahan tempat wisata ini. Belum lagi anda akan merasakan hembusan angin pantai yang akan memanjakan. Bisa anda nikmati sambil bersantai dibawah pohon rindang akan membuat mata seakan dininabobokan.

Banyak wisatawan mengenal pulau Randayan tempat wisata singkawang. Sebetulnya sebutan itu tidak sepenuhnya salah. Memang pada awal mulanya sebelum pemekaran kabupaten Bengkayang dan Kota Singkawang menjadi satu sebagai wilayah Kabupaten Sambas. Setelah pemekaran maka kabupaten Sambas terbagi menjadi 3 Kabupaten. Yaitu Kabupaten Bengkayang, Kota Singkawang dan Kabupaten Sambas itu sendiri yang memang merupakan Kabupaten Induk.

Kegiatan Asyik di Pulau Randayan yang Bisa diLakukan Saat Liburan

Pulau Randayan Tempat Wisata Favorit di Bengkayang-min

Berlibur melakukan rekreasi ke Pulau Randayan memang merupakan kegiatan yang menyenangkan. Terutama untuk mengisi waktu liburan diakhir pekan. Selain bisa menikmati keindahannya alam pantai, banyak juga kegiatan bisa dilakukan di tempat wisata ini.

Air lautnya yang jernih, sehingga sangat cocok untuk melakukan banyak kegiatan menyenangkan. Seperti menikmati wisata bawah laut dengan melakukan snorkling maupun Kegiatan menyelam. Kegiatan ini merupakan kegiatan favorit banyak dilakukan wisatawan. Ini juga sebagai salah satu daya tarik Pulau Randayan Bengkayang, Kalimantan Barat Indonesia.

Melakukan Kegiatan Snorkling dan menyelam ini anda bisa menikmati keindahan bawah laut dengan melihat beraneka ragam keindahan wisata bawah laut, dan juga menikmati beraneka ragam ikan laut dengan berbagai jenis yang beraneka warna berlalu lalang diatara karang.

Dengan Menikmati keindahan bawah laut tersebut akan membuat wisatawan terpesona dan ingin berlama-lama menikmatinya. Sebab Karang maupun tumbuhan lainnya yang ada di kawasan pulau randayan terjaga dengan baik.

Baca Juga: Pulau Lemukutan Tempat Wisata Paling Populer di Kalimantan Barat

Okomodasi di Pulau Randayan

Pulau Randayan Tempat Wisata Favorit di Bengkayang Kalimantan Barat

Bagi wisatawan atau pengunjung luar kota yang suka melakukan kegiatan Snorkling atau menyelam tidak perlu kuatir jika tidak membawa peralatan. Di pulau randayan sudah tersedia tempat penyewaan alat snorkling dan menyelam dengan harga yang masih relatif terjangkau. Untuk yang ingin menikmati liburan lebih lama di Pulau dekat dengan Kota Singkawang ini juga sudah tersedia penginapan di Pulau Randayan (randayan island resort).

Untuk sewa Penginapan di Pulau Randayan harganya berkisar antara 400.000 – 800.000 Rupiah / kamar / malam. Tergantung type penginapan yang dipilih dengan kapasitas dan fasilitas yang berbeda-beda. Tarif tersebut belum termasuk Tiket Masuk pulau yaitu 15.000 Rupiah.

Tempat wisata pulau randayan juga dilengkapi fasilitas penunjang wisata. Seperti sudah tersedia akses jalan yang sudah memadai, wc, dan bale-bale di pantai untuk yang suka bersantai. Sambil melihat air laut dengan hebusan angin yang akan membuat anda betah berlama-lama dipulau tersebut. Tersedia juga mushola untuk yang muslim melaksankan sholat.

Penginapan di Pulau Randayan juga disediakan dapur umum untuk keperluan memasak bagi setiap pengunjung yang bermalam. Jadi bagi  pengunjung disarankan untuk mempersiapkan perbekalan sebelum bermalam di pulau Randayan. Karena di pulau ini belum ada tempat yang menyediakan untuk keperluan konsumsi anda selama dipulau.

Akses / Rute Ke Lokasi 

Lokasinya secara adminitratif berada di Kabupaten Bengkayang. Tepatnya di Kecamatan Sungai Raya Kepulauan dan termasuk wilayah pesisir Kabupateng Bengkayang dan berbatasan langsung dengan Kota Singkawang. Untuk Akses menuju ke pulau Randayan dapat ditempuh melalui dua Rute. Bisa melalui Dermaga Teluk Suak dan Dermaga di Pantai Samudera Indah. Baca Juga: Tempat Wisata Pantai Samudra Indah di Bengkayang Kalimantan Barat.

Waktu perjalanan untuk menuju Pulau Randayan kurang lebih 1 – 2  jam, ini tergantung cuaca. Alat transfortasi yang digunakan adalah kapal motor. Untuk harga atau ongkos kapal motor tersebut sekitar 35.000,-/orang. Kapal-kapal motor ini juga membawa barang keperluan pokok masyarakat Pulau Lemukutan. Pulau yang sangat dekat jaraknya dengan Pulau Randayan. Umumnya kapal motor ini berangkat pagi  menjelang siang sekitar pukul 09.00 – 10.00 Wib.

Bagi yang tidak ingin menggunakan kapal motor penumpang, ada juga alternatif lainnya yang bisa anda gunakan untuk kepalau Randayan. Dengan cara mencarter kapal motor, ini sangat cocok jika anda liburan kepulau Randayan dengan rombongan.

Dengan begitu anda bisa menentukan jam keberangkatan tidak perlu terburu-buru, bisa berangkat lebih pagi maupun berangkat agak siang. Tergantung anda lagi yang membuat kesepakatan dengan pemilik kapal motor.

Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *