Sate Kambing dan Asal mula Sate di Indonesia

Sate Kambing dan Asal mula Sate di Indonesia

Diposting pada

Sate Kambing – Sate adalah makanan yang terbuat dari potongan daging kambing, ayam, domba, sapi, ikan, yang dopotong kecil dan ditusuk. Menggunakan tusukan sate yang biasanya terbuat dari bambu dan kemudian dibakar menggunakan bara arang kayu. Sehingga mengeluarkan aroma yang khas yang sedap. Sate sendiri disajikan dengan berbagai macam jenis bumbu tergantung pada variasi resep sate dari daerahnya masing- masing. Misalnya seperti bumbu kacang, sate bumbu kecap dan banyak lagi resep bumbu sate sesuai daerah masing-masing.

Asal Sate Kambing

Sate pertama kali diketahui berasal dari pulau Jawa, Indonesia. Diduga sate diciptakan oleh pedagang makanan jalanan di Jawa sekitar abad ke 19. Berdasarkan fakta bahwa sate mulai populer sekitar awal abad tersebut bersamaan dengan semakin banyaknya pendatang dari Arab ke Indonesia.

Hal ini pula yang akhirnya menjadi alasan populernya penggunaan daging kambing dan domba sebagai bahan sate yang disukai oleh warga keturunan Arab.

Sate Kambing dan Asal mula Sate di Indonesia

Kemudian sate makin berkembang di daerah- daerah lainnya hingga keluar negeri. Dan sate juga populer di negara- negara Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia, Singapura, Filipina, dan Thailand. Sate juga populer di Belanda yang dipengaruhi masakan Indonesia yang dulu merupakan negara jajahannya.

Baca Juga: Kue Cubit Jajanan Kuliner Indonesia

Cara Memasak Sate

Di Indinesia Resep dan cara pembuatan sate di setiap daerah. Umumnya berbeda dan beraneka ragam bergantung variasi dan resep masing- masing daerah. Hampir segala jenis daging dapat dibuat menjadi olahan sate. Bahkan sudah ada inovasi sate yang terbuat dari jamur dan tahu untuk para vegetarian. Bumbu sate yang paling umum adalah sambal kecap dan bumbu kacang, namun terdapat juga variasi bumbu lainnya.

Misalnya untuk sate bebek tambak cara penyajiannya adalah sate dengan saus bumbu manis kacang tanah. Atau bumbu pedas yang ditambahkan irisan tomat serta mentimun. Sate umumnya dimakan dengan lontong sebagai pelengkap. Namun di beberapa daerah sate dikonsumsi dengan nasi hangat ataupun ketupat sebagai pelengakapnya.

Jenis satenya apabila dilihat dari dagingnya ada diantaranya sate ayam, sate buntel, sate kambing, sate kerang, sate kalong (terbuat dari daging kerbau). Sate lalat (terbuat dari daging ayam atau kambing dengan ukuran mini), sate sapi, sate udang, dll. Sedangkan jika dilihat menurut daerahnya terdapat diantaranya sate Banjar, sate Betawi, sate Blora, sate Madura, sate Maranggi, sate Matang, sate Padang, sate Ponorogo, sate Tegal, sate sapi khas Ungaran, dll.

Dari semua sate yang ada di Indonesia sate kambing merupakan yang terkenal. Biasa di buat dan di perdagangkan mulai dari warung pinggir jalan sampai dengan restoran mewah. Cara penyajiannya juga berbeda-beda menurut selera setiap daerah menyesuaikan selera masyrakat setempat. Baca Juga: Lemang Khas Kuliner Nusantara Indonesia

Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

0 thoughts on “Sate Kambing dan Asal mula Sate di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *