Sonobudoyo Museum di Yogyakarta Terlengkap

Sonobudoyo Museum di Yogyakarta Terlengkap

Diposting pada

Sonobudoyo Museum di Yogyakarta – Bagi yang sudah sering berlibur di Yogyakarta sudah tidak asing alagi dengan suasana tempat wisata pantai maupun wisata alam lainnya. karena tempat-tempat wisata di jogja tersebut sudah tidak diragukan lagi keindahannya menjadikan tempat ini selalu ramai wisatawan yang berkunjung saat waktu liburan tiba.

Namun jika ingin liburan dengan nuansa berbeda boleh juga dengan mengunjungi objek wisata yang berada di seputar kota Jogja. Salah satunya dengan mengunjungi Museum di jogja yaitu museum Sonobudoyo. Di tempat ini selain untuk tempat wisata hiburan juga bisa menjadi wisata edukasi di Jogja. Karena di museum Sonobudoyo anda dapat mengenal berbagai macam sejarah, budaya yang memang sudah terkenal di Pulau Jawa khususnya di Yogyakarta, Indonsia.

Tentang wisata Sonobudoyo Museum di Yogyakarta

Museum Sonobudoyo ini merupakan salah satu tempat wisata di Jogja. Objek wisata berupa sebuah rumah koleksi kebudayaan dan sejarah Jawa yang terbilang paling lengkap. Berada di Indonesia setelah objek wisata museum nasional republik Indonesia yang berada di Kota Jakarta. Bagi yang belum tahu dan mengenal Museum Sonobudoyo anda bisa simak artikel dibawah ini atau bisa langsung berkunjung di tempat dimana museum di berada.

Sonobudoyo Museum di Yogyakarta Terlengkap

Museum Sonobudoyo merupakan Objek wisata yang menyuguhkan aneka macam sejarah, budaya serta arsitektur dari bangunan adat jawa. Terlihat sangat mengagumkan di kota Yogyakarta. Di Museum Sonobudoyo ini di dirikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwana VIII ketika pada tahun 1935. Merupakan salah satu tempat wisata yang berupa rumah yang banyak mengkoleksi sejarah kebudayaan dan sejarah Jawa yang terbilang paling lengkap di Jogja.

Dayatarik Museum Sonobudoyo di Yogyakarta

Museum Sonobudoyo bersifat untuk umum, dan disini terdapat sekitar 10 jenis koleksi museum yang dikategorikan sebagai berikut: Teknologi, Geologi, Seni Rupa, Biologi, Keramologi, Etnografi, Filologika, Arkeologi, Numismatika dan Historika. Keris merupakan salah satu jenis koleksi yang menjadi dayatarik museum sonobudoyo ini. Dimuseum ini tercatat sekitar 1200 buah keris yang menjadi koleksi dari museum ini dan keris tersebut berasal dari berbagai penjuru wilayah nusantara.

Sonobudoyo Museum di Yogyakarta Terlengkap

Setiap koleksi Keris yang ada di museum sonobudoyo mempunyai bentuk dan tipe yang beraneka ragam. Keris yang sesuai dari derah asal keris tersebut. Misalnya keris asal dari Jawa yang berbentuk atau memiliki lekukan diantaranya keris luk 7, keris luk 11, keris luk 13, keris lurus dan keris dengan berbagai macam pamor.

Seanjutnya keris dari luar Jawa berasal dari Aceh yang berupa keris rencong, Mandau dari Kalimantan, keris dari Madura dan Bali serta keris dari Sulawesi. Museum ini juga mempunyai koleksi sebuah bahan baku pembuatan keris sekitar tahun 700 Masehi yang benama Wesi Buddha. Selain keris masih banyak sekali yang bisa anda nikmati dari suguhan koleksi museum sonobudoyo.

Sonobudoyo Museum di Yogyakarta Terlengkap

Di Museum di Yogyakarta ini juga anda dapat melihat koleksi berupa benda-benda peninggalan zaman dahulu dari mulai masa prasejarah sampai dengan masa datangnya Islam di Indonesia. Barang-barang koleksi tersebut seperti kapak batu, teracota, kubur batu, wayang, topeng, kain batik dan lain-lain. Terdapat juga koleksi unggulan yang berupa topeng emas Puspa Sarira yang terbuat dari bahan emas yang merupakan perwujudan dari Gayatri.

Harga Tiket Masuk Museum Sonobudoyo Jogja

Bagi yang ingin berwisata di Museum Sonobudoyo, Museum ini buka setiap harinya mulai dari jam 8 pagi hingga 2 sore. Untuk bisa masuk kearea museum ini Anda sebelumnya diharuskan untuk membayar tiket masuk untuk wisatawan lokal sebesar Rp.3.000,00/orang. Dan untuk wisatawan asing sebesar Rp.5.000,00/orang. Di Museum Sonobudoyo ini Anda akan mendapati berbagai macam kebudayaan adat jawa. Sehingga dengan berlibur ke tempat ini Anda juga akan mendapatkan pengetahuan baru mengenai sejarah dan kebudayaan jawa.

Sedangkan selain hal tersebut, di Museum Sonobudoyo ini Anda juga dapat menyaksikan pertunjukan wayang kulit. Diperankan dengan menggunakan bahasa jawa asli dengan di iringi oleh lantunan musik gamelan jawa yang terdengar sangat menarik. Pertunjukan dari wayang kulit ini bisa Anda nikmati sekitar jam 8 malam sampai jam 10 malam. Untuk menontonya Anda masih harus membayar tiket lagi sebesar Rp.20.000,00/orang.

Alamat Lokasi Museum Sonobudoyo
Jika anda tertarik ingin berlibur di Sonobudoyo Museum di Yogyakarta yang menyimpan banyak koleksi sejarah. Alamat museum ini berada di No 6, Jl. Pangurakan Yogyakarta, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122.

Akses ke Museum Sonobudoyo sangat mudah karena berada di tengah kota. Semua alat transportasi dapat anda gunakan untuk menuju Museum ini seperti angkutan umum dan andong, selain itu Anda juga dapat mencapai museum ini bisa dengan berjalan kaki bila anda dari kawasan Malioboro. Baca Juga: Masjid Gedhe Kauman Objek Wisata Sejarah Sekaligus Religi di Yogyakarta.

  • 1
    Share
Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *