Tak Pernah Bosan Singgahi Wisata Kalibiru Yogyakarta

Tak Pernah Bosan Singgahi Wisata Kalibiru Yogyakarta

Diposting pada

Tempat wisata Jogja seakan tidak ada habisnya untuk dijelajahi. Terutama untuk wisata alamnya yang memang banyak sekali suguhan istimewa dari alam jogja. Selalu saja muncul  tempat wisata baru yang mempunyai daya tarik tersendiri dan membuat penasaran untuk di kunjungi. Seperti saat ini tempat wisata alam populer yang sedang hit di kalangan traveler adalah Tempat wisata Kalibiru Yogyakarta.

Desa Wisata Kalibiru Yogyakarta

Wisata Kalibiru adalah tempat wisata yang berada di atas Waduk Sermo, yang merupakan satu-satunya Waduk di Daerah Istimewa Yogyakarta. Ini merupakan pengembangan dari adanya Wisata Alam Kalibiru. Daerah tersebut sekarang di jadikan sebagai Desa wisata. Jadi keberadaan Desa Wisata Kalibiru tidak bisa dilepaskan dari keberadaan Wisata Alam di wilayah ini.

Sebagai cikal bakal sekaligus mejadi andalan bagi Desa Wisata Kalibiru. Keberadaan Wisata Alam sendiri tidak lepas dari proses panjang pengelolaan kawasan hutan yang ada di Kulon Progo. Pada akhirnya dikelola oleh masyarakat sekitar hutan dengan nama Hutan Kemasyarakatan.

Waduk Sermo Menambah Keindahan Wisata Kalibiru Yogyakarta

Tak Pernah Bosan Singgahi Wisata Kalibiru Yogyakarta

Tempat wisata Jogja Kalibiru mempunyai pemandangan alam sangat indah. Sehingga banyak para wisatawan berkunjung di tempat ini dalam mengisi waktu liburannya. Banyak hal bisa di lakukan di tempat wisata kalibiru terutama kegiatan berkaitan dengan alam bebas atau alam terbuka.

Kegiatan Trekking di Kalibiru merupakan salah satu aktivitas paling seru di Desa Wisata Kalibiru. Disini disediakan jalur trekking yang beragam mulai dari 1,5 kilometer, 3 kilometer, 5 kilometer dan 7 kilometer. Jika memilih trek 7 kilometer maka kita bisa melihat Waduk Sermo dari jarak yang begitu dekat.

Yang lebih seru lagi, saat trekking menyusuri jalan setapak kita bisa menjumpai berbagai jenis satwa seperti Ayam Hutan, Landak, Babi Hutan, Elang Jawa, Harimau Jawa. Bahkan Harimau Kumbang anda bisa jumpai, dan masih banyak lagi satwa liar yang bisa menjadi pemandangan indah untuk di pandang.

Wisata Jogja yang terletak di kawasan Perbukitan Menoreh Yogyakarta, Kalibiru memiliki suhu yang sejuk. Udaranya juga masih terasa segar sehingga cocok dijadikan tempat berlibur. O ya pada mulanya Kalibiru ini merupakan hutan milik pemerintah, namun kini hutan tersebut dikelola oleh masyarakat setempat dan dikembangkan menjadi wisata alam.

Baca Juga: Jelajahi 6 Keindahan Alam Tersembunyi Tempat Wisata Di Jogja Paling Instagramable

Sejarah Awal Mula Destinasi Wisata Alam Kalibiru Mulai Dilirik Wisatawan

Tak Pernah Bosan Singgahi Wisata Kalibiru Yogyakarta

Desa Wisata kalibiru menjelma menjadi destinasi wisata populer di Kulonprogo sejak tahun 2008 silam. Tempat ini murni dikelola oleh penduduk setempat secara swadaya. Jadi tidak ada keterlibatan pihak swasta maupun pemerintah dalam pengelolaannya. Pembangunan daerah wisata ini pada mulanya diawali dengan pembuatan jalan setapak. Baru kemudian berlanjut dengan pembangunan sejumlah fasilitas seperti sarana MCK, gardu pandang, cottage, serta fasilitas flying fox.

Awalnya pembukaan desa wisata ini harus mendapat persetujuan Departemen Kehutanan. Uji coba sekitar 5 tahun kemudian diisi dengan menggalakkan penghijauan seperti menanam berbagai jenis pohon agar hutan tetap terjaga dan tidak gersang. Upaya masyarakat untuk membangun sebuah desa wisata tidak sia-sia. Terbukti tempat ini menjadi langganan wisatawan lokal maupun asing, terutama bagi yang mencintai petualangan di alam bebas dengan menikmati keindahan alam.

Akomodasi di Kalibiru Yang Bisa Melengkapi Kegiatan Traveler

Tak Pernah Bosan Singgahi Wisata Kalibiru Yogyakarta

Fasilitas paling populer di Desa Wisata Kalibiru Yogyakarta adalah Gardu Pandang. Ditempat ini kita bisa menyaksikan keindahan alam yang memukau dari ketinggian. Fasilitas lainnya di Kalibiru Jogja juga sudah dilengkapi dengan areal parkir yang luas, kios makanan. Jangan lupa untuk cicipi juga Nasi Kucing Khas Kuliner Tradisional Jogja. Tesedia juga fasilitas mck, pendopo, homestay, camping ground, serta fasilitas outbond.

Homestay atau pondok wisata yang ada di Kalibiru berjumlah 6. Masing-masing dapat menampung 100 – 15 orang. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 120.000 per malam untuk satu pondok. Karena itu tempat ini kerap dijadikan lokasi makrab, gathering, bahkan retreat.

Bagi wisatawan yang ingin bermain flying fox, di Kalibiru Jogja juga terdapat fasilitas permainan. Bisa dilakukan oleh anak-anak maupun dewasa. satu hal lagi yang tak kalah menarik dengan wisata alam lainnya adalah menara pandang yang sengaja disediakan masyarakat setempat untuk menarik pengunjung.

Dari menara pandang tersebut, Anda dapat melihat keindahan waduk Sermo dan keindahan kota jogja pada saat siang hari. Anda akan menyaksikan kerlipan lampu kota Jogja dengan berada di menara pandang. Menara pandang ini posisinya berada di atas pohon yang tingginya berkisar antara 20-25 meter. Dari ketinggian tersebut, anda juga bisa melihat hutan di kawasan Kalibiru Jogja tersebut yang nampak asri.

Akses Lokasi Desa Wisata Kalibiru

Desa Wisata Kalibiru Kulonprogo terletak di sebelah barat kota Yogyakarta. Tepatnya beralamat di desa Hagrowilis kecamatan Kokap, Kulonprogo. Kurang lebih 40 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta. Waktu normal perjalanan yang dibutuhkan untuk mencapat wisata kalibiru umumnya sekitar 1 – 1,5 jam.

Banyak papan nama yang terlihat jelas sepanjang perjalanan, kita tinggal mengikuti arah yang ditunjukkan oleh papan nama tersebut. Dengan begitu kita bisa sampai ke lokasi dengan aman.

Baca Juga: Objek Wisata Waduk Sermo Kulon Progo Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Wisata Kalibiru

Di Desa Wisata Kalibiru Yogyakarta juga tersedia fasilitas Flying Fox. Fasilitas ini sangat tepat untuk menguji adrenalin pengunjung yang suka dengan tantangan ekstrim. Tersedia 2 jalur Flying Fox dengan panjang berbeda yaitu 50 meter dan 85 meter.

Untuk menikmati fasilitas ini pengunjung dikenakan tarif Rp. 10.000 (dewasa) dan Rp. 5.000 (anak-anak). sayangnya fasilitas ini hanya bisa dinikmati hanya setiap hari Minggu antara pukul 08.00 – 16.00 Wib.

Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *