Taman Mangrove Destinasi Wisata Baru Yang Menarik di Sukadana KKU

Taman Mangrove Destinasi Wisata Baru Yang Menarik di Sukadana KKU

Diposting pada

Taman Mangrove Sukadana – Destinasi Wisata Alam dari dulu memang mempunyai daya tarik tersendiri bagi para traveller terutama bagi para pecinta alam. Selain keindahan yang bisa dinikmati, wisata alam juga merupakan tempat yang bisa menjaga kelestarian lingkungan, karena wisata ini sangat diyakini mendukung terhadap program penghijauan, mengingat rendahnya minat masyarakat untuk perduli terhadap kelestarian lingkungan sekitar. Jadi dengan adanya wisata alam akan memberikan edukasi kepada masyarakat, pentingnya menjaga kelestarian alam.

Taman Mangrove Sukadana Kabupaten Kayong Utara (KKU)

Taman Mangrove Destinasi Wisata Baru Yang Menarik di Sukadana KKU

Berbicara tentang wisata alam di kalimantan Barat khusus Kabupaten Kayong Utara, ada wisata baru yang lagi hits yang sedang ramai dperbincangkan yaitu taman wisata Mangove yang dibangun oleh pemerintah daerah KKU. Sekilas mengenai Tanaman Mangrove ini merupakan tanaman atau pohon yang biasanya banyak ditemui di daerah pantai.

Hutan Mangrove atau dikenal dengan sebutan hutan bakau yang berfungsi atau bermanfaat untuk menahan gelombang air laut yang masuk ke daratan, Jadi dengan adanya hutan bakau diharapkan abrasi atau pengikisan tanah pinggir pantai dapat dikurangi. Oleh karena itu keberadaan hutan mangrove ini sangat penting bagi lingkungan pantai, terutama untuk menahan adanya gelombang besar air laut masuk ke daratan (pantai).

Tempat wisata ini memang sangat bagus yang bisa di Ikuti oleh daerah-daerah lain di Indonesia khusus untuk Kabupaten di Provinsi kalimantan Barat. Meski Taman wisata Mangrove Sukadana sebenarnya masih dalam tahap pengembangan, jadi jangan heran nantinya jika anda berkunjung ketempat wisata ini masih belum banyak fasilitas sebagai penunjang tempat wisata.

Namun jika hanya sekedar ingin menikmati hijaunya hutan mangrove dan ke indahan lainnya anda sudah bisa mendapatkkanya di Taman wisata mangrove sukadana ini. 

Keindahan Taman Wisata Mangrove Sukadana

Taman Mangrove Destinasi Wisata Baru Yang Menarik di Sukadana KKU

Menikmati keindahan Taman Wisata Mangrove Sukadana bisa dengan menyusuri jembatan panjang yang membelah hutan bakau. Jembatan ini terbuat dari papan kayu belian yang didesain sedemikian rupa. Di tambah dengan hiasan kiri kananya tanaman bakau yang nampak indah. Bisa anda jadikan tempat untuk berfoto bersama keluarga maupun sahabat saat berada di Taman wisata tersebut.

Menyusuri jembatan yang ada didalam taman Magrove tersebut merupakan salah satu hal yang menyenangkan dan menjadi daya tarik utama taman ini, karena anda akan bisa lebih dekat menikmati keindahan hutan bakau.

Tempat wisata baru kayong utara ini biasanya ramai dikunjungi oleh masyarakat sekitar pada saat sore hari. Sebagai tempat tujuan jalan-jalan yang menyenangkan sambil menyusuri keindahan hutan bakau. Untuk wisatawan luar Kabupaten KKU belum terlalu banyak, paling hanya dari Kabupaten Ketapang yang merupakan kabupaten induk sebelum pemekaran.

Selain masih baru tempat ini juga masih belum terekspose secara luas. Jadi untuk wisawatan di luar KKU masih belum banyak yang tahu akan keberadaan taman Wisata mangrove di Sukadana ini.

Baca Juga: Keraton Matan Tanjungpura Wisata Sejarah di Ketapang Kalimantan Barat

Harga Tiket Masuk Taman Wisata Mangrove Sukadana

Saat ini untuk masuk Taman Mangrove Sukadana Kabupaten kayong Utara belum dipungut biaya tiket masuk alias gratis. Karena lokasinya tidak terlalu jauh dari Objek wisata Pantai Pulau Datok. Sehingga anda bisa langsung mngunjungi taman wisata mangrove setelah berwisata di pantai.

Akses / Lokasi Taman Wisata Mangrove Sukadana

Taman Mangrove Destinasi Wisata Baru Yang Menarik di Sukadana KKU

Bukan hanya wisata pantai yang ditawarkan jika anda berkunjung ke Kabutan Kayong Utara. Melainkan anda juga bisa menikmati keindahan Taman wisata Mangrove. Untuk yang tertarik mengunjungi objek wisata ini lokasinya tidak sulit untuk ditemukan, karena masih satu jalur dengan jalan yang kearah tempat wisata pantai pulau datok Sukadana. Tepatnya Letak lokasi yang berada dekat dengan kawasan Pasar ikan atau TPI Sukadana Kayong Utara.

Akses Jalan ke Lokasi Taman Mangrove Destinasi wisata Baru Yang Menarik di Sukadana KKU sudah cukup bagus karena sudah diaspal. Lokasinya juga tidak terlalu jauh jika anda sudah berada di jalan utama yang menuju ke pantai pulau Datok. Hanya membutuhkan sekitar 5 Menit saja dengan menggunakan kendaraan. Jika anda masih bingung bisa langsung bertanya kemasyarakat sekitar, bila anda sudah berada di jalan arah ke pantai sukadana.

Rute Kelokasi Taman Wisata Mangrove Sukadana

Taman Mangrove Destinasi Wisata Baru Yang Menarik di Sukadana KKU

Untuk mencapai lokasi Taman Mangrove Sukadana dari pontianak bisa di tempuh melewati dua rute. Pertama Pontianak – sukadana dan Pontianak – Ketapang (menggunakan Pesawat) lebih jelasnya silahkan panduan untuk rute dibawah ini:

Rute Untuk menuju Taman Wisata Mangrove di Sukadana jika dari Kota Pontianak Bisa menggunakan tranfortasi air yaitu speed. Untuk rute ini memakan waktu tempuh selama 5 jam perjalanan dengan tujuan Pontianak – Sukadana.

Dari pelabuhan Speed Sukadana ke Taman wisata Mangrove tidak jauh lagi hanya sekitar 10 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi. Karena di daerah tersebut belum ada kendaraan umum. Alternatif anda bisa menggunakan jasa ojek sebagai pilihan. Jalannya sama menuju arah Pantai pulau Datok.

Bagi yang ingin menggunakan jalur udara dari bandara Supadio Pontianak dengan tujuan Bandara Rahadi Oesman Ketapang. Selanjutnya anda bisa menggunakan taksi dengan tujuan Sukadana dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Menggunakan taksi anda bisa langsung minta antar ke tempat lokasi wisata mangrove. Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Andalan di Sukadana Kabupaten Kayong Utara kalbar

Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *