Taman Nasional Baluran, Wisata Alam di Jawa Timur Bernuansa Afrika

Taman Nasional Baluran, Wisata Alam di Jawa Timur Bernuansa Afrika

Diposting pada
  • 1
    Share

Taman Nasional Baluran – Traveling ke Jawa timur jangan sampai melewatkan untuk berkunjung ke Banyuwangi, ada banyak destinasi wisata yang bisa dijelajahi mulai dari wisata alam, budaya dan banyak lagi wisata lainnya. Salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dijelajahi adalah Taman Nasional Baluran yang merupakan salah satu Taman Nasional di Indonesia yang terletak di Banyuwangi (sebelah utara), Jawa Timur, Indonesia.

Nama taman baluran sendiri diambil dari nama sebuah gunung yang terdapat ditaman tersebut yaitu  yaitu Gunung Baluran. Taman Nasional Baluran menawarkan keindahan alam yang lain dari tempat lain. Saat anda Berkunjung ke taman nasional ini, Anda seolah sedang berada di benua Afrika yang terkenal dengan padang savana.

Taman Nasional Baluran, Wisata Alam di Jawa Timur Bernuansa Afrika

Begitu juga di TNB terdapat padang savana terluas di Pulau Jawa dengan spesies hewan dan tumbuhan yang beragam yang masih banyak dijumpai saat anda berwisata di taman tersebut. Taman Nasional Baluran atau yang juga disebut Little Africa in Java, terdapat beberapa destinasi alam yang bisa anda kunjungi.

Seperti Objek wisata Gua Jepang, Curah Tangis, Sumur Tua, Manting, Dermaga, Kramat, Kajang, Balanan, Lempuyang, Talpat, Kacip, Bilik, Sejileh, Teluk Air Tawar, Batu Numpuk, Pandean. Atau Candi Bang dan merupakan dayatarik tersendiri saat anda berada ditaman ini.

Dayatarik Destinasi Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran, Wisata Alam di Jawa Timur Bernuansa Afrika

Mengamati kehidupan hewan liar di Taman Nasional ini juga merupakan sebuah pengalaman tersendiri. Jadi jangan heran Saat berada di TNBI jika anda menyaksikan pemandangan berupa kawanan rusa yang sedang berlarian bebas. Burung merak dengan keindahan ekornya yang anggun, segerombolan banteng. Burung elang juga anda bisa jumpai dan tidak ketinggalan sekumpulan monyet bergelantungan di pohon, kancil, bangau, dan banyak lagi hewan lainnya.

Berada di Taman nasional Baluran anda serasa berada di Afrika dengan suasana yang benar-benar luar biasa meskipun tempat ini berada di negara Indonesia, namun saat anda mejelajah taman nasional yang ada di Jawa timur ini seakan anda tidak menyangka bahwa di Indonesia ada tempat seindah ini.

Bagi anda yang gemar fotografi, di taman ini banyak sekali spot-spot menarik yang bisa diabadikan. Apa lagi saat matahari terbit juga akan menjadi moment yang cantik untuk diabadikan dengan hiasan kabut menambah keeksotisan taman ini.

Fasilitas Di Taman Nasional Baluran ( Afrika Van Java) 

Taman Nasional Baluran, Wisata Alam di Jawa Timur Bernuansa Afrika

Untuk bisa lebih menikmati keindahan alam Taman Nasional Baluran, tentu mengunjungi taman ini tidak cukup hanya dalam waktu sehari saja. Jadi bila anda ingin bermalam Anda bisa berkemah kawasan taman nasional, karena pihak pengelola telah menyediakan lokasi camping ground.

Jika anda tidak mau repot atau memiliki budget lebih bisa dengan menyewa wisma (penginapan) yang sudah terdapat di Baluran disediakan oleh pihak pengelola.

Baca Juga: Keunikan Tempat Wisata Bukit Jamur Gresik Jawa Timur

Lokasi Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran, Wisata Alam di Jawa Timur Bernuansa Afrika

Secara administratif lokasi Taman Nasional Baluran masuk ke wilayah Situbondo, namun untuk jaraknya lebih dekat jika anda dari banyuwangi, karena letaknya berada di perbatasan di antara kedua kabupaten yaitu kabupaten situbondo dan Banyuwangi.  Tepatnya berada di Jl. Raya Situbondo-Banyuwangi, Desa Wonorejo, Kec. Banyuputih, Kabupaten Situbondo.

Tiket Masuk Taman Nasional Baluran
Tiket Masuk Taman Nasional Baluran: Rp15.000,- (Hari Biasa) dan  Rp17.500,- (Akhir pekan dan libur nasional). Jam Operasional: 07.30 – 16.00 (Minggu – Jumat). Baca Juga: Pulau Tabuhan Tempat wisata Banyuwangi Serasa di Bali
Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *