Taman Nasional Sembilang, Destinasi Wisata Alam Sumatera Selatan

Diposting pada

Taman Nasional Sembilang – Indonesia terdapat beberapa Daerah yang menjadi lokasi ditetapkannya sebagi Taman Nasional Indonesia. Sumatera selatan merupakan salah satu provinsi dari sekian provinsi di Indonesia yang memiliki atau ada kawasan yang ditetapkan sebagai kawasan Taman Nasional Yang Bernama Taman Nasional Sembilang.

Taman Nasional Sembilang

Taman Nasional Sembilang ini taman nasional yang terletak di pesisir provinsi Sumatera Selatan, Indonesia. Taman nasional di Sumatera Selatan ini memiliki luas sebesar 2.051 km². Taman Nasional Sembilang merupakan perwakilan hutan rawa gambut, hutan rawa air tawar, dan hutan riparian (tepi sungai) di Propinsi Sumatera Selatan.

Flora di Taman Nasional Sembilang

Taman Nasional Sembilang, Destinasi Wisata Alam Sumatera Selatan

Banyak sekali flora yang terdapat di Taman Nasional Sembilang yang tumbuh di daratan dan perairan diantaranya adalah paku gajah (Acrostichum aureum), nipah (Nypa fruticans), cemara laut (Casuarina equisetifolia), pandan (Pandanus tectorius).

Waru laut (Hibiscus tiliaceus), nibung (Oncosperma tigillaria), jelutung (Dyera costulata), menggeris (Koompassia excelsa), gelam tikus (Syzygium inophylla), Rhizophora sp., Sonneratia alba, dan Bruguiera gimnorrhiza.

Sebagai taman Nasional yang kaya akan flora ini menjadikan tempat tujuan wisata alam yang menarik untuk di explore dan mengamati secara langsung di habitatnya. Kegiatan yang cocok bagi yang menyukai wisata dengan nuansa alam bebas dan penuh tantangan.

Baca Juga: 12 Tempat Wisata Alam di Sumatera Selatan Yang Paling Terkenal

Fauna di Taman Nasional Sembilang

Taman Nasional Sembilang, Destinasi Wisata Alam Sumatera Selatan

Selain flora tentu saja taman ini dilengkapi dengan keberadaan Fauna. Ditaman ini merupakan habitat asli harimau Sumatera, terutama dilokasi dengan daerah-daerah pantai/hutan di kawasan Sembilang dan Semenanjung Banyuasin.

Terdapat juga gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus), tapir (Tapirus indicus), siamang (Hylobates syndactylus syndactylus), kucing mas (Catopuma temminckii temminckii), rusa sambar (Cervus unicolor equinus).

Untuk yang menghuni perairan khususnya buaya (Crocodylus porosus), biawak (Varanus salvator), ikan sembilang (Plotusus canius), labi-labi besar (Chitra indica), lumba-lumba air tawar (Orcaella brevirostris).

Dan juga berbagai jenis burung yang bisa anda jumpai saat berkunjung di  taman nasional yang ada di Propinsi Sumatera Selatan. Ada keunikan tersendiri saat wisata alam di TNS ini, anda akan melihat ribuan burung. Bahkan puluhan ribu burung migran asal Siberia yang mencapai puncaknya pada bulan Oktober.

Hal ini merupakan atraksi burung migran yang menarik untuk diamati yang menghiasi lagit di taman nasional sembilang. Mendengar suara gemuruh burung secara langsung tersebut terbang bersamaan dan menutupi suara debur ombak Selat Bangka merupakan kegiatan yang tak akan bisa anda lupakan. Suasana ini yang menambah pesona alam yang sangat indah sayang untuk di lewatkan. Bila anda sedang menjelah Taman nasional Sembilang.

Jenis burung lainnya penghuni taman ini seperti blekok asia (Limnodromus semipalmatus). Trinil tutul (Pseudototanus guttifer), undan putih (Pelecanus onocrotalus), bluwok putih (Mycteria cinerea). Bangau tongtong (Leptoptilos javanicus), dara laut sayap putih (Chlidonias leucoptera), dan lain-lain.

Lokasi Taman Nasional Sembilang

Lokasi Taman Nasional ini sebelah Barat Laut berbatasan langsung dengan Taman Nasional Berbak. Berada di Provinsi Jambi. Lokasi Taman Nasional Sembilang tepatnya berada di Tanah Pilih, Banyuasin II, Kabupaten Banyu Asin, Sumatera Selatan.

Cara pencapaian lokasi dari Palembang  ke Sungsang dengan cara menggunakan kapal motor. Anda bisa charter sekitar dua jam perjalanan, dan dilanjutkan ke lokasi sekitar dua jam. Di taman Nasional sembilang lokasi menarik yang bisa dikunjungi. Seperti tempat Semenanjung Banyuasin, Sembilang, Benawan Bay, Teluk Sekanak, Pulau Betet.

Kegiatan yang menantang bisa dilakukan seperti menjelajahi sungai dan hutan mangrove dengan perahu. Seperti kegiatan emancing, dan hewan menonton, burung migran dari Siberia dan atraksi dolphins.

Bila anda ingin menyaksikan festival seperti Cultural air tawar di luar Taman Festival Krakatau, sebaiknya mengunjungi Taman Nasional Sembilang. Khususnya pada setiap Juli di Bandar Lampung dan Festival Danau Ranau pada bulan Desember di Oku, Sumatera Selatan. Baca Juga: Taman Nasional Gunung Leuser Destinasi Wisata Alam yang Menarik.

Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *