7 Tempat Wisata Bontang Kalimantan Timur Paling Populer

7 Tempat Wisata Bontang Kalimantan Timur Paling Populer

Diposting pada
  • 1
    Share

Tempat Wisata Bontang Kalimantan Timur – Kota Bontang adalah sebuah kota di provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Kota Bontang terletak sekitar 120 kilometer dari Kota Samarinda, berbatasan langsung dengan Kabupaten Kutai Timur di utara dan barat, Kabupaten Kutai Kartanegara di selatan dan Selat Makassar di timur.

Di kota ini juga terkenal tiga perusahaan besar di bidang yang berbeda-beda, Badak NGL (gas alam), Pupuk Kalimantan Timur (pupuk dan amoniak) dan Indominco Mandiri (batubara) serta memiliki kawasan industri petrokimia yang bernama Kaltim Industrial Estate. Terlepas dari perusahaan yang ada di Bontang, kota ini juga banyak menyimpan destinasi wisata.

Tempat Wisata Bontang Kalimantan Timur Paling Populer

Bagi anda yang mempunyai hobi wisata mungkin bontang bisa menjadi salah satu tujuan traveling yang harus anda kunjungi. Bontang selain menawarkan suasana alam yang masih indah juga mempunyai beberapa destinasi wisata yang sangat bagus. Beberapa refrensi tempat wisata di Bontang Kalimantan Timur yang bisa anda kunjungi sebagai berikut.

1. Taman Cibodas

7 Tempat Wisata Bontang Kalimantan Timur Paling Populer

Taman Cibodas adalah taman alami yang yang dikelola oleh  PT. Pupuk Kaltim. Di tempat wisata Bontang paling populer ini, tersedia berbagai fasilitas rekreasi. Seperti fasilitas wahana bermain untuk anak- anak, tempat makan keluarga, café mini, tempat duduk yang yang bisa di putar, patung binatang, dan berbagai barang yang dilestarikan.

Pada saat musim liburan, taman ini menjadi taman yang sangat ramai dikunjungi oleh berbagai wisatawan dari lokal maupun dari luar daerah lain sekitar Bontang.

 2. Pulau Gusung

7 Tempat Wisata Bontang Kalimantan Timur Paling Populer

Pulau Gusung adalah pulau yang berpenduduk sekitar tiga ratus kepala keluarga, dan kebanyakan mereka bermata mata pencaharian utama sebagai nelayan. Aktivitas nelayan tradisional yang ada di Pulau Gusung ini  salah satunya adalah memancing ikan, menjarin berbagai ikan, dan menangkap ikan dengan bubu. semua kebanyakan menggunakan alat tangkap yang ramah lingkungan.

Pulau Gusung tempat wisata di Bontang berlokasi di utara Bontang dengan jarak sekitar 6 mil dari tengah laut. Untuk bisa berkunjung  ke tempat wisata Pulau Gusung, anda harus menggunkan transfortasi air yaitu speed boat dengan waktu tempuh sekitar 20 – 25 menit saja.

3. Pantai Marina

7 Tempat Wisata Bontang Kalimantan Timur Paling Populer

Pantai Marina adalah pantai yang berlokasi tak jauh dari Kota Bontang atau berada di selatan Kota Bontang. Pantai Marina selain digunakan sebagai tempat wisata, juga digunakan sebagai  pelabuhan PT Badak NGL untuk berbagai keperluan bongkar maut kapal tanker.

Pada awalnya pantai Marina adalah pantai yang hanya dikususkan oleh karyawan dan keluarga perusahaan terkait saja. Namun seiring berjalannya waktu lambat laun tempat wisata ini dibuka untuk umum. Selain memiliki pantai yang bersih, pantai ini juga memiliki banyak pohon cemara yang tumbuh disekitar pantai sehingga menambah keindahan pemandangan sekitar pantai ini.

4. Teluk Kaba

7 Tempat Wisata Bontang Kalimantan Timur Paling Populer

Tempat Wisata di Bontang yang popular dan banyak dikunjungi selanjutnya adalah Teluk Kaba. Teluk Kaba merupakan teluk yang masih masuk kedalam bagian dari Taman Nasional Kutai. Teluk kaba tempat wisata khusus untuk yang memiliki jiwa petualang karena adanya berbagai wahana permainan yang memancing daya andrenalin.

Wahana yang tersedia di tempat wisata ini seperti kegiatan outdoor diantaranya kegiatan camping, snorkeling, dan juga trekking, serta bisa juga menjelajah hutan Kaba yang merupakan salah satu pengalaman berwisata yang tak akan pernah terlupakan.

Baca Juga: Pulau Derawan dan Keindahan Pantainya Yang Memikat.

5. Taman Nasional Kutai (TNK)

7 Tempat Wisata Bontang Kalimantan Timur Paling Populer

Tempat wisata di Bontang Taman Nasional Kutai yang merupakan tempat dijadikan tempat wisata andalan di Kalimantan Timur. Taman ini memiliki tempat wisata alam sekaligus untuk merehabilitasi kawanan orang utan yang mulai langka. Selain sebagai tempat rehabilitasi, wisata ini juga sering digunakan sebagai tempat untuk berkemah (camping), penelitian fauna dan flora, dan pendidikan alam.

Taman Nasional Kutai ini memiliki luas lahan terdiri dari 200 ribu hektar dengan berbagai vegetasi alam yang ada didalamnya seperti kehidupan flora dan fauna yang hidup secara alami dialam bebas.

6. Bontang Kuala

7 Tempat Wisata Bontang Kalimantan Timur Paling Populer

Bontang kuala adalah tempat wisata di Bontang yang mempunyai fungsi sebagai tempat untuk penangkaran binatang koala. Yang merupakan hewan langka dan dilindungi di Indonesia. Bontang kuala merupakan wisata lain yang sangat populer dari kota yang terkenal dengan pupuk kaltim. Yang menjadi daya tarik dan memiliki keunikan disini adalah areal perkampungan yang terapung diatas air danau.

Bontang kuala adalah pemukiman yang terlihat rapi dan sangat  bersih berjajar di tepi pantai yang membuat suatu pemandangan yang menarik. Bagi anda yang ingin merencanakan liburan, anda bisa menjelajah tempat wisata Bontang Kuala.

Untuk lebih bisa menikmati keindahannya anda bisa berjalan kaki, jika kita berjalan kaki ataupun kalau terpaksa menggunakan sepeda motor. Karena di tempat wisata ini ada larangan untuk memasukkan kendaraan roda empat ke areal wisata. Untuk mencapai Bontang Koala, anda hanya memerlukan waktu sekitar 15 menit dari timur kota Bontang.

7. Pulau Beras Basah

7 Tempat Wisata Bontang Kalimantan Timur Paling Populer

Pulau Beras Basah Objek Wisata Andalan di Bontang Kalimantan Timur ini tempat wisata di yang menawarkan keindahan alam. Berwisata di Kalimantan timur khususnya di Bontang tidak lengkap rasanya jika anda belum mengunjungi Pulau Beras Basah ini. Obyek wisata Pulau ini merupakan tempat wisata favorit bagi masyarakat Bontang dan wisatawan dari mancanegara yang datang ke Kalimantan ttimur.

Tempat wisata populer di Bontang ini tempat yang cocok untuk tempat refresing dari segala aktifitas yang melelahkan sehari-hari. Pantai Beras Basah menawarkan pemandangan pantai dengan keindahan pasir putihnya yang bersih dengan Ombak pantai yang tenang. Menjadikan pulau ini akan membuat pengunjung merasa betah berlama-lama saat berada di tempat wisata ini. Baca Juga: 15 Tempat Wisata di Kalimantan Timur Yang Paling Terkenal.

Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *