9 Tempat Wisata di Malang Dengan Nuansa Sejarah Yang Terkenal

9 Tempat Wisata di Malang Dengan Nuansa Sejarah Yang Terkenal

Diposting pada
  • 2
    Shares

Membahas mengenai Jawa Timur tidak akan bisa terlepas dari banyaknya ragam budaya yang ada di provinsi ini. Belum lagi peninggalan situs bersejarah terutama peninggalan pada zaman kerajaan yang berupa Candi, Arca dan sisa kerajaan yang ada di Jawa Timur. Dengan banyaknya tempat peninggalan sejarah di Jawa Timur, maka sangat cocok jika anda ingin berwisata sejarah khususnya tempat wisata di Malang.

Daerah Malang banyak sekali destinasi wisata yang bisa di jadikan tujuan wisata sejarah. Belum lagi ditambah juga banyak peninggalan-peninggalan yang bernuansa Religi, tentu ini akan semakin melengkapi traveling anda di Malang, Jawa Timur, Indonesia. Selain Banyak peninggalan sejarah Malang juga kaya akan keanekaragaman budaya.

Ini bisa dilihat dengan begitu banyaknya sisa sejarah yang tersebar di berbagai tempat yang ada di Malang provinsi Jawa Timur. Dengan berjalannya waktu banyak juga sisa sejarah yang terbengkalai dan tidak terurus tapi masih banyak pula yang masih terjaga hingga saat ini dan menjadi tujuan wisata.

Tempat Wisata di Malang Khusus Objek Wisata Sejarah

Untuk kali ini traveluxion akan memberikan referensi tempat wisata di Malang dengan berbagai situs bersejarah berupa Candi. Namun tidak semua candi akan di tampilkan disini traveluxion hanya mengenalkan 9 tempat wisata di Malang, untuk lebih jelasnya berikut candi-canti yang bisa anda kunjungi saat berada di Malang.

1. Candi Jago

9 Tempat Wisata di Malang Dengan Nuansa Sejarah Yang Terkenal

Candi Jago terletak di Dusun Jago, Desa Tumpang, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, tepatnya 22 km ke arah timur dari Kota Malang. Karena letaknya di Desa Tumpang, candi ini sering juga disebut Candi Tumpang. Penduduk setempat menyebutnya Cungkup. Pemberian nama dari candi Jago tidaklah sembarangan kata Jago diambil dari Jajaghu yang memiliki makna keagungan. Candi Jago dipenuhi dengan panel-panel relief yang terpahat rapi mulai dari kaki sampai ke dinding ruangan teratas.

Hampir tidak terdapat bidang yang kosong, karena semua terisi dengan aneka ragam hiasan dalam jalinan cerita-cerita yang mengandung unsur pelepasan kepergian. Hal ini menguatkan dugaan bahwa pembangunan Candi Jago berkaitan erat dengan wafatnya Sri Jaya Wisnuwardhana. Sesuai dengan agama yang dianut oleh Raja Wisnuwardhana, yaitu Syiwa Buddha, maka relief pada Candi Jago mengandung ajaran Hindu maupun Buddha.

2. Candi Singosari

9 Tempat Wisata di Malang Dengan Nuansa Sejarah Yang Terkenal

Candi singasari merupakan candi hindu budha peninggalan dari kerajaan singasari, dimana candi ini memiliki keunikan yaitu candi terlihat seolah-olah memilki dua tingkat bangunan selain itu anda dapat melihat hiasan candi luar yang pada umumnya memilki struktur yang rata namun berbeda dengan candi Singosari ini memilki hiasan luar yang tidak rata. Candi Singasari terletak di Desa Candi Renggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, kurang lebih 9 Km dari kota Malang ke arah Surabaya.

Candi ini juga dikenal dengan nama Candi Cungkup atau Candi Menara, nama yang menunjukkan bahwa Candi Singasari adalah candi yang tertinggi pada masanya. Setidaknya jika dibandingkan dengan candi lain di sekelilingnya. Akan tetapi, saat ini di kawasan Singasari hanya candi Singasari yang masih tersisa, sedangkan candi lainnya telah lenyap tak berbekas.

Baca Juga: 13 Destinasi Wisata di Malang yang Wajib Anda Kunjungi

3. Candi Jawar Ombo

9 Tempat Wisata di Malang Dengan Nuansa Sejarah Yang Terkenal

Candi Jawar Ombo adalah bangunan peninggalan masa Hindu-Buddha yang ditemukan penduduk pada tahun 1983 dalam keadaan terpendam di dalam tanah.Penduduk setempat menyebutnya Candi Jawar ombo. Candi jawar Ombo terletak di desa Mulyoasri,kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang.

Pada lantai candi terdapat empat umpak batu yang memiliki lubang dibagian tengahnya. Profil kaki candi berupa pelipit setengah lingkaran dan segi empat, keempat sisi batu dihiasi relief-relief yang menggambarkan teratai dan tapak dara.

4. Candi Sumberawan

9 Tempat Wisata di Malang Dengan Nuansa Sejarah Yang Terkenal

Candi Suberawan merupakan candi tunggal dimana candi ini terdiri dari kaki, badan, dankepala yang meruncing. Candi Sumberawan tidak memiliki tangga ataupun relief yang mengarah pada patung dewa, maupun sosok suci. Sehingga candi Sumberawan ini bias dikatakan sebuah perwujudan stupa utuh yang melambangkan pencapaian menuju nirwana.

Letak Candi ini bisa terbilang sulit karena petunjuk jalan dan arah yang kurang detail, namun Candi Sumberwan memiliki kawasan atau lingkungan yang terbilang alami. Candi Sumberawan berlokasi di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Dengan jarak sekitar 6 km dari Candi Singosari.

5. Komplek Percandian gunung Arjuna

9 Tempat Wisata di Malang Dengan Nuansa Sejarah Yang Terkenal

Kompek Percandian Gunung Arjuna dikelompokkan dalam beberapa kelompok yakni Grup Sepilo dan Grup Indrokilo. Grup Sipilo mencangkup Bhatara Guru, Candi Kembang, Cndi Lepek, Candi Madrin, Candi Wesi, Hyang Semar, Makutarama, Patung Lesung, Rancang Kencana, Rhatawu, Sepilo, Watu Ireng. Sedangkan grup dari Indrokilo mencangkup Candi Laras, Gua Gambir, Indrikilo, Satria Manggung.

Baca Juga: Agrowisata Batu Malang Tempat Favorit Wisatawan Saat Liburan

6. Candi Kidal

9 Tempat Wisata di Malang Dengan Nuansa Sejarah Yang Terkenal

Candi Kidal ini adalah candi yang dibuat untuk tempat persemayaman Raja Anusapati. Candi Kidal sendiri merupakan tempat wisata di malang yang merupakan candi peninggalan dari dinasti Singhasari dan candi hindu yang ada di Jawa Timur tepatnya Candi Kidal terletak di Desa Rejokidal, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, tepatnya sekitar 20 km ke arah timur dari kota Malang.

Candi ini dapat dikatakan merupakan candi pemujaan yang paling tua di Jawa Timur, karena pemerintahan Airlangga (11-12 M) dari Kerajaan Kahuripan dan raja-raja Kerajaan Kediri (12-13 M) hanya meninggalkan Candi Belahan dan Jalatunda yang merupakan petirtaan atau pemandian.

7. Pertirtaan Watu gede

9 Tempat Wisata di Malang Dengan Nuansa Sejarah Yang Terkenal

Petirtaan Watugede adalah sebuah pemandian kuno berbentuk empat persegi panjang dengan batu-batu bata kuno berukuran besar-besar yang dapat dikatakan masih utuh dan berfungsi sebagai dinding kolam. Konon zaman dulu pertirtaan Watugede adalah tempat pemandian yang dipakai oleh raja dan putri-putri raja pada zaman kerajaan singosari. Tempat ini memiliki air yng jernih dimana air tersebut keluar dari mulut area yang mengalir terus menerus tiada henti.

Tempatnya sangat teduh, rindang, asri, dan sejuk. Sangat nyaman dijadikan tempat untuk melepaskan penat dari terik matahari di siang hari. Tempat Petirtaan Watugede ini terletak di Desa Watugede, Kecamatan Singasari, Kabupaten Malang. Lokasi petirtaan ini cukup dekat dengan jalan antar kota Malang-Surabaya, dan bisa dicapai baik dengan mobil maupun sepeda motor.

8. Candi Songgoriti

9 Tempat Wisata di Malang Dengan Nuansa Sejarah Yang Terkenal

Situs ini berada di kompleks obyek wisata air Songgoriti, Kota Wisata Batu. Candi Songgoriti dibangun di atas mata air panas yang diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Saat ini sumber air tersebut dimanfaatkan sebagai sumber air pemandian. Di kawasan ini pula, kabarnya juga merupakan tempat pembuatan keris.

Dalam Prasasti Sanguran disebut jelas jika Raja memerintah Mpu Sindok untuk menjadi Desa Sanguran sebagai tempat pandai besi atau logam. Candi Songgoriti terletak di dekat Taman Rekreasi Tirta Nirwana Songgoriti, masyarakat setempat kerap menyebutnya Candi Supo. Meskipun berdekatan dengan tempat wisata, tidak banyak orang pergi kesana karena kebanyakan fokus wisatawan adalah untuk datang ke Taman Songgoriti ataupun Hotel Songgoriti.

9. Candi Badut

9 Tempat Wisata di Malang Dengan Nuansa Sejarah Yang Terkenal

Candi Badut salah satu tempat wisata di Malang ini diperkirakan dibangun jauh sebelum masa pemerintahan Airlangga, yaitu masa dimulainya pembangunan candi-candi lain di Jawa Timur. Diduga merupakan candi tertua di Jawa Timur. Candi ini diperkirakan sebagai candi tertua di Jawa Timur.

Harga tiket masuk tidak dipatok oleh pihak pengelola candi. Cukup berikan sumbangan sukarela dan kamu bisa berwisata ke dalam kompleks Candi Badut ini. Candi yang juga disebut Candi Liswa ini berlokasi kurang lebih 5 km dari kota Malang, tepatnya di Desa Karangbesuki, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Batu Malang Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

0 thoughts on “9 Tempat Wisata di Malang Dengan Nuansa Sejarah Yang Terkenal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *