10 Tempat Wisata di Palu Sulawesi Tengah Yang Terkenal

10 Tempat Wisata di Palu Sulawesi Tengah Yang Terkenal

Diposting pada

Tempat Wisata di Palu Sulawesi Tengah – Tempat wisata di indonesia  banyak sekali, mulai dari wisata alam yang indah, wisata religi, wisata Budaya dan masih banyak wisata lainnya. Banyak sekali tempa-tempat menarik sudah terkenal bukan hanya di Indonesia saja, namun sudah sampai ke mancanegara. Untuk wisata Indonesia bagian timur ada salah satu destinasi wisata yang sudah mendunia. Salah satunya adalah Pesona dan Dayatarik Wisata Kepulauan Raja Ampat di Papua.

Perlu anda tahu untuk tempat wisata di Indonesia timur bukan hanya raja Ampat saja masih banyak lagi yang lainnya. Seperti di Sulawesi Tengah provinsi ini juga tidak kalah menarik. Banyak objek wisata yang bisa dikunjungi, ini bisa menjadi alternatif tempat wisata bila anda sedang berada di Pulau Sulawesi.

Tempat Wisata di Palu Sulawesi Tengah Yang Terkenal

Sulawesi tengah sendiri merupakan salah satu provinsi di Indonesia bagian timur dengan ibukota palu. Untuk soal pariwisata Palu Sulawesi Tengah memang belum sepopuler tempat wisata di Lombok maupun Tempat wisata di Bali. Namun jika anda mau mengekplore tempat wisata di Palu sulawesi Tengah ini tidak akan kalah menarik dengan tempat wisata lainnya di Indonesia. Langsung saja berikut Tempat Wisata di Palu Sulawesi Tengah yang bisa anda kunjungi.

1. Museum Sulawesi Tengah

10 Tempat Wisata di Palu Sulawesi Tengah Yang Terkenal

Bila anda ingin mengunjungi Tempat Wisata di Palu Sulawesi Tengah, tidak ada salahnya berkunjung ke Museum Sulawesi Tengah. Disini anda bisa melihat sejarah masa lalu. Karena di Museum Sulawesi Tengah ini anda bisa melihat berbagai koleksi peninggalan sejarah, seperti gajah purba. Anda juga bisa mengetahui bagaimana kehidupan masyarakat Sulawesi Tengah jaman dulu. Seperti melihat cara orang zaman meramu, membuat kain dari kulit dan banyak lagi koleksi lainnya yang terdapat di museum ini.

Bila anda ingin mengenal budaya asal usul nenek moyang di sulawesi tengah, Museum Sulawesi Tengah sangat cocok untuk berwisata sejarah sekaligus edukasi. Lokasi museum Sulawesi Tengah berada di tengah kota Palu. Tepatnya alamatnya di di Jalan Kemiri No 23, Kelurahan Kamonji, Kecamatan Palu Barat. Untuk tiket masuk sebesar Rp 1.500 untuk anak-anak. Rp 3.000 untuk dewasa. dan Rp 10.000 untuk turis asing.

2. Pulau Pasoso

10 Tempat Wisata di Palu Sulawesi Tengah Yang Terkenal

Pulau Pososo Tempat Wisata di Palu Sulawesi Tengah menawarkan keindahan pemandangan laut dan pantai. Suasana pantai yang tenang ditambah lagi pemandangan mengagumkan disaat menyaksikan sekelompok penyu naik ke darat untuk bertelur. Oleh karenanya itu, Pulau Pasoso juga dikenal juga sebagai Pulau Penyu.

Sinar matahari yang menyinari pulau ini sepanjang hari dijamin akan memuaskan para pengunjung. Sehingga tak heran jika banyak wisatawan mancanegara berkunjung ke Pulau Pasoso untuk melakukan kegiatan berjemur di tepi pantai. Objek wisata Pulau pasoso terletak di kecamatan balaesang, kabupaten donggala.

Untuk anda yang ingin berkunjung ke wisata pulau pasoso antara bulan september dan november. Pada bulan tersebut pengunjung akan disuguhkan pemandangan penyu bertelur.

3. Pulau Lutungan

10 Tempat Wisata di Palu Sulawesi Tengah Yang Terkenal

Pulau Lutungan merupakan tempat wisata di sulawesi tengah cocok untuk anda yang ingin mencari tempat liburan, Karena Pulau ini memiliki panorama alam pantai yang indah. Selain itu pulau lutungan juga memiliki nilai sejarah, Hal ini bisa anda lihat bahwa dipulau lutungan terdapat makam raja Toli-Toli yang bernama Syaefudin Bantilan. Oleh Karena itu bagi sebagian masyarakat, Pulau ini dianggap keramat.

Di Pulau ini anda bisa menikmati keindahan pantai dengan hamparan pasir putih dan perairan yang jernih. Populasi trumbu karang serta aneka jenis ikan juga menjadi pemandangan yang menarik di bawah laut Pulau Lutungan.

Sangat pas bagi yang menyukai kegiatan menyelam. Lokasi Pulau Lutungan terletak di sebelah barat Kota Toli-Toli. Dapat di akses dengan menggunakan perahu selama 25 menit dari Kota Toli-Toli (Ibu Kota kabupaten Toli-Toli).

Baca Juga: 12 Tempat Wisata di Sulawesi Tenggara Yang Paling Menarik Untuk Dikunjungi

4. Air Terjun Saluopa

10 Tempat Wisata di Palu Sulawesi Tengah Yang Terkenal

Wisata Air Terjun Saluopa merupakan tempat wisata di Palu sulawesi tengah. Memiliki daya tarik dengan air terjun bertingkat 2 susun membuat pemandangan di air terjun ini nampak sangat indah dan menajubkan. Belim lagi ditambah kesejukan air pegunungan siap memanjakan anda saat mandi di bawah air terjun Saluopa.

Di kawasan objek wisata air terjun Saliopa masih terdapat hutan  yang asri, karena tempat ini masih banyak pepohonan. Dimana pengunjung bisa melihat flora dan fauna hutan di sulawesi tengah. Sehingga akan membuat anda semakin betah berlama-lama menikmatinya. 

Tempat wisata ini berada tidak begitu jauh dengan Kota Tentena atau lebih tepatnya di sebelah barat Kota Tentena dengan jarak kurang lebih sekitar 12 km. Lokasi Air Terjun Saluopa terletak di Desa Tonusu,  Pamona Utara, Poso, Sulawesi Tengah. 

5. Pantai Talise

10 Tempat Wisata di Palu Sulawesi Tengah Yang Terkenal

Pantai talise merupakan salah satu destinasi yang ada di sulawesi tengah, merupakan tempat liburan favorit bagi warga setempat. Di wisata pantai ini anda dapat melihat keindahan hamparan pasir putih dengan ombak yang cukup tenang sehingga pantai ini banyak dimanfaatkan pengunjung untuk berenang, menyelan dan menikmati sunset di sore hari.

Pantai Talise terletak 2 km sebelah utara Kota Palu tepatnya di Kecamatan Palu Timur, Pantai ini merupakan tempat wisata utama di Kota Palu setelah Istana Pusat Sulawesi. Pantai ini membentang di Kota Palu hingga Kabupaten Donggala.

6. Pantai Tanjung Karang

10 Tempat Wisata di Palu Sulawesi Tengah Yang Terkenal

Wisata pantai tanjung karang merupakan tempat wisata di sulawesi tengah yang sudah sangat terkenal kerana keindahan bawah lautnya, Liburan ditempat wisata ini sangat rugi jika tidak melakukan kegiatan snorkeling, karena memang fasilitasnya tersedia lengkap di tempat ini. Anda Juga akan menikmati Pemandangan yang menakjubkan di dalam laut. Hanya melangkah 3 meter dari bibir pantai, keindahan itu sudah bisa anda dinikmati.

Tempat liburan Tanjung Karang terletak di Kabupaten Donggala, sekitar 37 Km arah timur laut dari Kota Palu. Untuk mencapai lokasi wisata Tanjung Karang dapat di tempuh dari Kota Palu dalam waktu kurang dari 1 jam, dengan menggunakan sepeda motor, angkutan umum atau mobil carteran yang biasa berangkat dari jalan Imam Bonjol dan Pasar Inpres.

7. Pusentasi Pusat laut

10 Tempat Wisata di Palu Sulawesi Tengah Yang Terkenal

Sinkhole Wisata Unik di Donggala. Sinkhole adalah Tempat wisata di palu Sulawesi Tengah berupa sebuah kolam yang masih alami. Namun ada juga yang mengatakan air di snkole ini berasal dari laut. Masyarakat setempat mempercayai bahwa ada terowongan yang bisa menjangkau langsung ke laut palu dari kolam tersebut.

Tempat wisata ini biasa juga disebut sebagai sumur laut. Wisata ini sangat jarang terjadi didunia. Lokasinya terletak di desa Towale, kecamatan Bawana, kabupaten Donggala Propinsi Sulawesi Tengah. Indonesia. selengkapnya baca: Sinkhole Wisata Unik di Donggala Sulawesi Tengah.

8. Sou Raja

10 Tempat Wisata di Palu Sulawesi Tengah Yang Terkenal

Sou raja adalah salah satu tujuan wisata sejarah berupa rumah tempat tinggal raja. Dulunya Raja yang memerintah secara lokal di daerah sulawesi tengah. Bagunan peninggalan sejarah ini berupa Rumah yang terbuat dari kayu ulin dan kayu bayam dengan atap bentuk segitiga.

Keberadaan rumah ini biasanya menjadi tujuan wisata sejarah yang membuktikan bahwa di daerah ini pada zaman dahulu diperintah oleh seorang raja. Jika anda ingin mengisi waktu liburan tempat wisata ini cocok untuk anda kunjungi yang lokasinya terletak di Lere, Palu, Kota Palu, Sulawesi Tengah.

9. Taman Nasional Lore Lindu

10 Tempat Wisata di Palu Sulawesi Tengah Yang Terkenal

Taman Nasional Lore Lindu merupakan taman nasional di Indonesia yang terletak di provinsi Sulawesi Tengah. Salah satu lokasi perlindungan hayati Sulawesi. Di TNLL anda bisa melihat Patung-patung megalit yang usianya mencapai ratusan. Bahkan sudah ribuan tahun yang tersebar di kawasan Taman Nasional Lore Lindu.

Kawsan tersebut diantaranya seperti Lembah Napu, Besoa dan Bada. Patung-patung ini sebagai monumen batu terbaik di antara patung-patung sejenis di Indonesia. Banyak hal bisa dilakukan di kawasan Hutan Taman Nasional Lore Lindu. Hewan dan flora yang dilindungi bisa anda jumpai di Kawasan Taman Nasional Lore Lindu.

Baca Juga: Situs Gua Tontonan di Enrekang Tempat Wisata Sulawesi Selatan

10. Danau Poso

10 Tempat Wisata di Palu Sulawesi Tengah Yang Terkenal

Danau poso adalah tempat wisata di sulawesi tengah berupa danau air tawar. Objek wisata alam ini merupakan danau terbesar ketiga di Indonesia.  Memiliki panjang 32 km dan lebar 16 km. Disini anda bisa menyaksikan pemandangan danau dengan kesejukan udara dan hamparan bukit  indah yang bisa anda lihat di sekitar danau poso.

Selain menikmati keindahan wisata Danau Poso anda bisa melakukan kegiatan lainnya, seperti jalan-jalan di tepi danau, meamncing dan kegiatan lainnya. Biasanya danau ini ramai dikunjungi saat akhir pekan. Untuk mengunjungi Objek wisata Danau Poso ini lokasinya berada di provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. Tepatnya di Kabupaten Poso.

Itu tadi merupakan 10 Tempat Wisata di Palu Sulawesi Tengah Yang Terkenal yang menarik untuk dikunjungi. Informasi Wisata ini bisa anda jadikan referensi untuk menambah daftar tempat wisata Indonesia bagian timur yang bisa anda kunjungi.

Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *