7 Tempat Wisata Kayong Utara Yang Paling Terkenal

7 Tempat Wisata Kayong Utara Yang Paling Terkenal

Diposting pada

Tempat Wisata Kayong Utara – Tidak banyak orang yang tahu mengenai Kabupaten Kayong Utara ( KKU ), karena memang kabupaten ini masih tergolong baru. Merupakan pemekaran dari Kabupaten Ketapang pada tahun 2007. Kayong Utara sendiri di gadang-gadang menjadi kawasan wisata, khususnya di Kecamatan Sukadana, yang merupakan ibu kota Kabupaten.

Kabupaten kayong Utara semakin hari semakin terkenal terutama salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Barat Indonesia ini merupakan tempat diselenggarakan event Nasional yaitu Sail Selat Karimata pada tanggal 15 Oktober 2016. Acara puncaknya di buka langsung oleh Ir.H.Joko widodo presiden RI.

Tempat Wisata Kayong Utara Yang Paling Terkenal

Bagi anda yang ingin berkunjung dan baru pertama kali ke Kabupaten Kayong Utara Kalimantan Barat Indonesia, traveluxion.web.id memberikan referensi Destinasi wisata Kabupaten kayong Utara yang menarik untuk di Kunjungi. Dibawah ini ada 5 Tempat Wisata Kayong Utara yang bisa anda kunjungi.

1. Pantai Pulau Datok

7 Tempat Wisata Kayong Utara Yang Paling Terkenal

Pantai Pulau Datok adalah tempat wisata andalan yang sudah sangat terkenal di Kalimantan barat khususnya di Kabupaten kayong utara dan Kabupaten Ketapang, tempat wisata ini terletak masih dalam Kawasan Taman Nasional Gunung Palung, tepatnya di Desa Sutra Kecamatan Sukadana.

Objek wisata Pantai pulau datok suasanya yang nyaman karena Jauh dari kebisingan. Pengunjung juga dapat merasakan segarnya tiupan angin pantai dibawah jajaran pohon rindah disekitar pantai ditambah lagi hamparan pasir yang luas memanjang dan ombak menambah keindahan pemandangan di tepian pantai pulau datok.

Pantai ini tempat yang cocok dan menyenangkan untuk anda bersantai menikmati liburan diakhir pekan dengan melakukan kegiatan seperti berenang, memancing dan mencari kerang. Jikan anda ingin menikmati matahari terbenam (sunset) yang indah di antara pulau kecil yang ada sekitar pantai bisa mengunjungi pantai ini pada sore hari.

Fasilitas di pantai pulau datok sekarang semakin lengkap karena memang sudah banyak perubahan setelah mejadi tempat acara Sail selat karimata yang acara puncaknya di hadiri langsung oleh Presiden RI Ir.H.Joko Widodo pada tanggal 15 Oktober 2016 belum lama ini. Jalan-jalan sudah mulus dan fasilitar seperti tempat santai para pengunjung juga sudah tersedia.

Akses Pantai Pulau Datok mudah dicapai karena memang lokasinya tidak jauh dari Kota sukadana hanya sekitar 10 Menit saja menggunakan kendaraan roda dua, jika menggunakan tranfortasi bis dari Ketapang ke jurusan Teluk Batang, berhenti di Desa Sukadana dengan lama perjalanan kurang lebih 1,5 jam.

2. Pantai Pasir Mayang

7 Tempat Wisata Kayong Utara Yang Paling Terkenal

Objek wisata Pantai Pasir Mayang merupakan salah satu tempat wisata Kayong Utara yang masih alami. Meskipun pantai pasir mayang belum se populer Objek wisata Pantai Pulau Datok, tapi pemandangannya tak kalah menarik. Di pantai pasir mayang ini terdapat Pulau kecil tepat di muka pantai yang menambah keindahan pantai ini.

Pantai ini cocok bagi anda mencari lokasi wisata dengan suasana tenang. di pantai ini juga anda bisa menikmati sunrise dan sunset yang indah dengan dihiasi pulau – pulau kecil disekitar pantai. Lokasi Pantai ini tidak begitu jauh dari Sukadana (ibu kota Kabupaten KKU). Hanya berjarak sekitar 8 Km. Lokasi wisata pantai pasir mayang terletak di desa sungai belit kecamatan sukadana.  mempesona.

3. Taman Wisata Mangrove

Taman Mangrove Destinasi Wisata Baru Yang Menarik di Sukadana KKU

Objek wisata taman mangrove sukadana merupakan Tempat Wisata Kayong Utara yang masih baru. Lokasinya berada masih satu jalur dengan jalan yang menuju tempat wisata pantai pulau datok Sukadana. Tepatnya Letak lokasi taman wisata mangrove sukadana ini berada dekat dengan kawasan Pasar ikan atau TPI Sukadana Kayong Utara.

Di taman ini sudah tersedia jembatan yang membelah taman mangrove. Sehingga anda bisa menikmati keindahan Taman Wisata Mangrove Sukadana dengan menyusuri jembatan panjang yang membelah hutan bakau. Jembatan ini terbuat dari papan kayu belian yang didesain sedemikian rupa. Di tambah dengan hiasan kiri kananya tanaman bakau yang nampak indah. Bisa anda jadikan tempat untuk berfoto bersama keluarga maupun sahabat saat berada di Taman wisata tersebut.

4. Lubuk Baji

https://www.traveluxion.web.id/5-destinasi-wisata-andalan-di-sukadana-kabupaten-kayong-utara-kalbar/

Lubuk Baji merupakan salah satu tempat wisata alam menarik yang masih dalam Kawasan Taman Nasional Gunung Palung. Letaknya di desa Benawai Agung Kabupaten Kayong Utara Kalimantan Barat. Bila anda sedang beruntung di tempat ini memiliki kesempatan untuk melihat orangutan liar atau setidaknya dapat melihat bekas jejak atau tanda-tanda kehadiran mereka seperti sarang atau tanda-tanda lain yang berkaitan dengan kehidupan orangutan di lubuk baji ini.

Hewan lain ada di sekitar lubuk baji yang dapat diamati adalah binatang Owa-owa, Monyet Merah Daun, Beruang Madu Malaya, Rangkong, Pelatuk, dan banyak interestings amfibi, reftil dan invertebrata dan binatang lainnya. Bagi anda yang suka petualangan ke alam bebas bisa mengunjungi destinasi wisata yang ada di Sukadana Kayong Utara ini tepatnya terletak pada gugusan Gunung Pelerangan Desa Begasing Kecamatan Sukadana.

Lokasi teluk baji masih belum terlalu dikenal luas karena masih merupakan obyek wisata baru di kayong utara. Di Lokasi wisata alam kayong ini Terdapat perumahan kecil untuk tempat beristirahat para wisatawan yang sedang berkunjung. Untuk Akses ke Objek wisata ini dapat dicapai dengan berjalan kaki selama kurang lebih 8 jam dari pintu masuk di Air Pauh Desa Sutra Kecamatan Sukadana.

Untuk keluar dari lokasi ini, anda membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam ke pintu keluar di Dusun Begasing Desa Benawai Agung Kecamatan Sukadana. Sebelum menikmati keindahan alam lubuk begasing sebaiknya anda mempersiapkan fisik dan stamina ekstra karena jarak tempuh yang jauh, namun setelah sampai ketempat tujuan di lubuk baji rasa lelah anda akan terbayarkan dengan suguhan panorama alam yang indah.

5. Bukit Mendale

7 Tempat Wisata Kayong Utara Yang Paling Terkenal

Bukit mendale termasuk tempat wisata Kayong utara Kalimantan barat yang tergolong masih wisata baru. Tepatnya lokasi wisata bukit mandale terletak di Desa Gunung Sembilan Kecamatan Sukadana. Bukit mendale memiliki ketinggian 320 Mdpl. Membutuhkan waktu dua jam perjalanan jika anda ingin mencapai puncak. Bukit yang tidak terlalu tinggi ini  terkenal dengan jalur tracking yang cukup berat. Karena anda akan melewati  jalan setapak yang terjal, akar-akar pohon yang melintang, serta bebatuan yang licin ketika hujan dan harus melewati dua bukit sebelum mencapai puncaknya.

Namun semua lelah akan terbayara setelah anda menikmati dan sampai ke puncak bukit mendale, karena Mata akan dimanjakan dengan pemandangan gunung palung yang perkasa, garis pantai yang berkelok disuguhi hamparan laut dan susunan bangunan kota sukadana menjadikan anda akan berdecak kagum akan keindahan alam tempat wisata ini.

Jika anda menikmati bukit mendale pada malam hari akan menyaksikan keindahan Gemerlap lampu kota sukadana ketika anda berada diatas puncak disebuah batu besar diatas puncak bukit mendale. Biasanya para pengunjung bukit mendali bermalam dengan membuat tenda (camping) untuk bisa menikmati  disuguhan menjelang matahari terbit di pagi hari (sunrise) yang muncul dari belakang gunung palung.

6. Kepulauan Karimata

7 Tempat Wisata Kayong Utara Yang Paling Terkenal

Destinasi wisata Kepulauan Karimata terdiri dari beberapa pulau kecil. Terletak di pesisir barat Kalimantan tempatnya berada di kabupaten kayong utara. Pulau yang paling besar adalah Pulau Karimata. Karimata mempunyai ekosistem yang menakjubkan seperti mangrove dan hutan tropis.

Gugusan Kepulauan Karimata yang terletak di Kabupaten Kayong Utara sejak lama sudah ditetapkan sebagai Cagar Alam berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Kehutanan No. 2240/DJ/I/1981 tanggal 15 Juni 1981 dengan luas 77.000 ha. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan No. 381/Kpts – II/1985 Cagar Alam Kepulauan Karimata ditunjuk sebagai Cagar Alam Laut dengan luas 77.000 ha.

Jadi kemolekan dan keelokan kawasan ini masih alami dan asli. Hutannya masih terjaga keasliannya dengan aneka satwa dan pantai dengan pasir putih yang indah. Kawasan ini terutama Pulau Karimata dikenal dengan keindahan alamnya yang menjanjikan baik daratan pulaunya, pantainya dan tentunya alam bawah lautnya.

Kawasan ini menyimpan potensi keindahan karang yang tak kalah indahnya dibanding kawasan-kawasan lain di Indonesia, bahkan mungkin dunia jika sudah dikelola dengan baik. Destinasi wisata bahari yang harus anda kunjungi saat anda berkunjung di kayong utara. Destinasi wisata  kepulauan karimata terkenal karena wisata baharinya.

Pemandangan laut yang ada di daerah ini sangat eksotis dan masih alami, terumbu karang masih terjaga dengan baik, dan ikannyapun masih banyak sangat cocok bagi anda yang hobi menyelam. Untuk akses menuju ke Kepulauan Karimata tidaklah terlalu sulit, apalagi saat ini pemkab kayong sudah menyediakan sarana transportasi berupa kapal motor yang beroperasi dua kali dalam sepekan.

Cukup dengan biaya Rp 75 ribu, kita sudah sampai di lokasi dengan waktu tempuh kurang lebih 8 jam. Kecamatan Kepulauan Karimata mempunyai beberapa desa yang bisa anda jadikan tujuan wisata. Namun antara desa satu dan yang lainnya berada di pulau lain, sehingga membutuhkan sedikit perjuangan untuk bisa sampai ke sana. Namun demikian, rasa letih tersebut akan terbayar dengan pemandangan yang bisa kita saksikan sepanjang perjalanan.

7. Taman Nasional Gunung Palung (TNGP)

7 Tempat Wisata Kayong Utara Yang Paling Terkenal

Taman Gunung Palung kawasannya meliputi Kabupaten Ketapang sampai dengan kabupaten kayong uatara yang memiliki Luas kurang lebih 90.000 hektar, dengan areal terbentang di Kecamatan Matan Hilir Utara, Sukadana, Simpang Hilir, Nanga Tayap, dan Sandai.

Taman Nasional Gunung Palung Kalimantan Barat Indonesia merupakan kawasan yang mempunyai ekosistem yang bisa dikatakan sebagai taman nasional terlengkap di antara taman-taman nasional di Indonesia. Di kawasan Taman Nasional Gunung Palung juga terdapat Gunung Palung yang mempunyai ketinggian kurang lebih 1.116 meter dari permukaan laut.

Selain itu, Taman Nasional ini juga habitat bagi sekira 2.200 ekor orangutan. Untuk jenis Bekantan mamalia dengan jumlah terbesar populasinya di Taman nasional tersebut. Taman nasional ini merupakan satu-satunya kawasan hutan tropika Dipterocarpus yang terbaik dan terluas di pulau Kalimantan.

Sekitar 65 persen kawasan, masih berupa hutan primer yang tidak terganggu aktivitas manusia. Memiliki banyak komunitas tumbuhan dan satwa liar. Taman Nasional Gunung Palung ini juga sebagai salah satu kawasan pelestarian alam dengan aneka-ragam hayati bernilai tinggi. Berbagai tipe ekosistem antara lain hutan mangrove, hutan rawa, rawa gambut, hutan rawa air tawar, hutan pamah tropika, dan hutan pegunungan yang selalu diselimuti kabut.

Bagi yang tertarik untuk menikmati wisata alam di kalimantan barat tempatnya di Kabupaten ketapang, anda bisa memperoleh Informasi dan reservasi untuk mengenai Taman Wisata Gunung Palung yang beralamat di Jalan Wahid Hasyim 41/A,78812, Telp/Fax (0534) 33539 Ketapang-Kalimantan Barat, atau letak Taman Nasional Gunung Palung di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat selengkapnya bisa baca Taman Nasional Gunung Palung wisata Alam Kalimantan Barat.

Akses Menuju Kabupaten Kayong Utara

Bila anda ingin jalan-jalan mengunjungi Tempat Wisata Kayong Utara banyak akses trasfortasi yang bisa anda gunakan. Seperti menggunakan pesawat, kapal maupun jalan darat. Jika pengunjung ingi melewati jalur sungai kapuas bisa melalui pelabuhan Kapuas Pontianak menggunakan transportasi Speed Boat.

Setiap harinya beroprasi 2 speed jam keberangkatannya pada pukul 08.00 WIB dan pukul 09.00 WIB. Jarak tempuh speed ini berkisaran 5 sampai 6 jam, dengan biaya 230 ribu rupiah. Selain cepat menggunakan speed anda bisa menikmati keindahan tumbuhan mangrove dengan menyusuri jalur sungai Kapuas.

Jika Menggunakan jalur udara bisa berangkat dari Bandara supadio pontianak menuju bandara Rahadi Oesman. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan taksi menuju Sukadana kayong utara sekitar 1,5 jam.

Untuk yang suka perjalanan jauh bisa menggunakan jalan darat menggunakan kendaraan pribadi. Dengan lama perjalanan dari kota pontianak menuju kota sukadana sekitar 12-15 jam perjalanan. Ketika sudah sampai di Sukadana anda dapat memilih penginapan hotel, atau penginapan sederhana dengan harga terjangkau.

Demikian ulasan mengenai Tempat Wisata Kayong Utara Kalbar. Semoga dengan informasi ini bisa bermanfaat bagi anda yang ingin liburan di salah satu kabupaten di kalimantan barat. Jangan lupa untuk bantu Share agar Tempat wisata Kayong Utara lebih dikenal luas lagi. Baca Juga: 15 Tempat Wisata Paling Terkenal di Kalimantan Barat

Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *