Tempat Wisata Religi di Demak Saat Bulan Ramadhan dan Manfaatnya

Tempat Wisata Religi di Demak Saat Bulan Ramadhan dan Manfaatnya

Diposting pada

Wisata Religi di Demak – Wisata religi bisa di artikan sebagai kegiatan wisata ke tempat yang memiliki makna khusus bagi umat beragama, biasanya berupa tempat ibadah, makam ulama atau situs-situs kuno yang memiliki kelebihan. Kelebihan ini misalnya dilihat dari sisi sejarah, adanya mitos yang berkembang dan cerita legenda mengenai tempat tersebut terutama yang berkaitan dengan keagamaan.

Itu tadi sekilas tentang pengertian wisata religi, namun Kali ini Traveluxion akan mengulas wisata religi di Demak cocok dilakukan saat bulan ramadhan sebagai tujuan menambah pengetahuan tentang banyak hal terutama yang berkaitan erat dengan agama.

Tempat Wisata Religi di Demak Sering Dikunjungi Saat Bulan Ramadhan

Berikut tempat wisata religi di demak yang asyik dan bisa anda kunjungi saat ramadhan:

1. Makam Sunan Kalijogo

Tempat Wisata Religi di Demak Saat Bulan Ramadhan dan Manfaatnya

Sunan Kalijogo merupakan salah satu wali yang menyebarkan ajaran Islam di pulau Jawa dengan cara-cara yang bijak dan ramah dengan masyarakat pada zaman tersebut. Dengan menyisipkannya melalui seni dan budaya seperti wayang dan tembang-tembang Jawa.

Lokasi wisata religi di demak makam Sunan Kalijogo berada sekitar 4 km dari masjid Agung Demak yakni di daerah Kadilangu. Makam sunan kalijogo ini bisa anda jadi sebagai tempat wisata/ziarah pada saat bulan ramadhan. Dari pada ke mall terus alangkah bagusnya waktu di bulan baik ini di pergunakan sebagai ziarah.

2. Masjid Agung Demak

Tempat Wisata Religi di Demak Saat Bulan Ramadhan dan Manfaatnya

Masjid Agung Demak ini adalah tempat ibadah peninggalan  biasa di sebut dengan wali songo dan Sultan Fatah. Usia masjid ini lebih dari setengah abad namun masih berdiri kokoh. Bangunan bersahaja ini mempuyai filosofi yang sarat makna. Terdapat tiga trap atap pada tumpangnya yang melambangkan islam, iman, ihsan.

Dari arsitektur masjid inilah yang kemudian banyak menginspirasi masjid-masjid lainnya di seluruh pelosok Indonesia. Terdapat empat soko guru utama yang dibuat oleh para Wali di dalam ruangan utamanya. Ada pula delapan tiang penyangga serambi masjid yang merupakan pemberian dari Raja Majapahit yaitu ayahnya Sultan Fatah.

Baca Juga: Masjid Cipari Wanaraja Tujuan Wisata Religi di Garut

3. Sentra Kerajinan Kaligrafi

Tempat Wisata Religi di Demak Saat Bulan Ramadhan dan Manfaatnya

Berbagai macam souvenir khas Demak bisa Anda dapatkan di kios sekitar Masjid Agung. Namun Anda juga bisa mendatangi langsung sentra kerajinan untuk dapat melihat dari dekat proses pembuatannya. Dan tentunya bisa melihat lebih banyak lagi pilihan yang bisa Anda beli maupun sekedar melihat-lihat karya seni nan indah ini.

4. Museum Masjid Agung Demak

Tempat Wisata Religi di Demak Saat Bulan Ramadhan dan Manfaatnya

Museum Masjid Agung Demak ini di bagun sebagai tempat melestarikan peninggalan sejarah masjid Demak. Museum Masjid Agung Demak terletak di sebelah utara masjid Masjid Agung Demak.

Terdapat banyak peninggalan di dalamnya seperti pintu asli bangunan masjid pada awal dibangun, gentong-gentong dari Campa, bedhug, kitab-kitab dan serat-serat yang ditulis oleh para Sunan atau Wali, miniatur bangunan masjid dan ilustrasi bentuk masjid sejak awal berdiri 500 tahun yang lalu berikut perubahan dan renovasinya hingga sekarang ini.

Manfaat  Dibalik Melakukan Wisata Religi

Banyak hal yang bisa anda dapat lakukan saat wisata religi bukan hanya sekedar mengunjungi tempat wisata untuk kesenangan semata, namun di balik itu ada manfaat yang bisa anda ambil di antaranya adalah: 

1. Menambah Wawasan

Selain dari kegiatan ziarah makam, ada berbagai situs bersejarah yang bisa dikunjungi yang akan menambah wawasan seperti di telah di sebut di atas, Wisata religi tidaklah sekadar hanya berkunjung dan berdoa di makam wali atau tokoh masyarakat, namun ada bangunan-bangunan bersejarah yang berhubungan dengan perkembangan agama yang patut didatangi dan melihat makna yang tersimpan di sana.

Biasanya beberapa tempat wisata religi memiliki keunikan tersendiri dan juga mempunyai sisi misteriu sehingga ketika kita berkunjung kita akan melihat langsung tanpa harus mendengar hanya dari mulut kemulut yang belum tentu terjamin kebenarannya. Anda juga bisa mendapat pemahaman baru yang bisa dikumpulkan yang akan jauh lebih menyenangkan daripada mempelajarinya lewat sejumlah buku sejarah maupun religi yang ada.

2. Lebih Dekat dengan Pencipta

Kunjungan wisata religi bukanlah perjalanan biasa yang sekedar mengunjungi tempat bersejarah, karena memang tujuan dari adanya perjalanan wisata ini adalah supaya kita lebih mendekatkan diri kepada sang pencipta. Dengan melakukan wisata religi Ziarah ke makam, kita akan menjadi lebih ingat mati dan menimbulkan rasa takut terhadap siksa kubur dan neraka.

Wisata religi bukan hanya sekadar datang ke makam wali dan berjalan-jalan atau melihat-lihat saja. Yang lebih utama agar kita mendapatkan kekuatan dari Allah adalah dengan mengaji atau membaca doa, jika punya waktu lebih maka gunakan untuk berkeliling atau berfoto sebagai kenang-kenangan perjalanan anda.

3. Menghilangkan Kejenuhan dari Rutinitas

Dalam aktivitas yang anda lakukan setiap harinya mengenai masalah dunia tentu akan menimbulkan kejenuhan dan beban pikiran. Rasa itu bisa menghinggapi siapa saja, entah itu yang masih pelajar atau seseorang yang sudah bekerja. Wisata religi adalah salah satu cara untuk menghilangkan perasaan stres serta beban yang berasal dari pekerjaan. Bahkan segala masalah rumah tangga pun bisa diademkan dengan berwisata religi bersama pasangan.

Banyak sekali tempat wisata religi yang memiliki keunikan serta panorama indah yang akan secara otomatis dapat membuat perasaan menjadi tenang. Rasa nyaman yang diciptakan oleh tempat wisata tersebut. Mungkin beberapa orang melepas jenuh dengan melakukan jenis wisata lain. Bagi beberapa orang, berwisata religi atau mendekatkan diri pada suatu hal yang berbau religius. Hal ini akan membuat mereka kembali bersemangat dalam menjalani rutinitas atau aktivitas seperti biasa.

Wisata religi dapat dilakukan sendiri, atau bersama keluarga atau teman. Sangat wajar ketika seorang manusia berada di titik jenuh pada suatu kegiatan yang bahkan ia sukai sekalipun. Dengan berwisata religi, ada energi positif yang bisa didapat. Baca Juga: Wisata Religi di Museum Al Qur’an Raksasa Kota Palembang

Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *