Tujuan Memperingati Hari Bumi Sedunia

Tujuan Memperingati Hari Bumi Sedunia

Diposting pada
  • 10
    Shares

Apa itu Hari Bumi? Banyak yang belum tahu tentang peringatan Hari Bumi Sedunia terutama di Indonesia. Hanya sebatas kalangan tertentu saja yang tahu. Hari Bumi adalah hari pengamatan tentang bumi yang dilaksanakan pada setiap tahun  tanggal 22 April dan diperingati secara internasional.

Hari Bumi Sedunia

Hari Bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini yaitu bumi. Hari bumi kebanyakan hanya diketahui dan diperingati oleh para aktifis peduli lingkungan di seluruh dunia.

Di lain pihak, peringatan hari Bumi sedunia sering dianggap sebagai ajang berkumpulnya para aktivis lingkungan namun minim tindak lanjut secara nyata di lapangan. Saat ini berbagai kerusakan lingkungan hidup di bumi telah menyebabkan penurunan kualitas lingkungan hidup.

Serta mengakibatkan terjadinya berbagai bencana alam seperti longsor, banjir, angin topan, kekeringan, krisis air bersih dan kebakaran hutan. Seperti yang sering kita saksikan dan banyak terjadi di berbagai tempat di dalam maupun di luar negeri.

Kerusakan lingkungan ini kebanyakan disebabkan oleh perbuatan manusia itu sendiri dan dampak negatifnya pun akan dirasakan oleh manusia juga. Kesadaran masyarakat cenderung menurun untuk menjaga, merawat, serta melestarikan lingkungan hidup. 

Upaya untuk melestarikan lingkungan hidup tidak hanya tanggung jawab perorangan saja, akan tetapi tanggung jawab dari semua pihak yang hidup di bumi ini. 

Baca Juga: Ini Tips-Tips Cara Merayakan Hari Bumi

Manfaat dan Tujuan Hari Bumi

Tujuan di peringatinya Hari Bumi itu sendiri untuk menilmbulkan kesadaran untuk melestarikan lingkungan hidup. Hal ini tidak terlepas dari kesadaran sosial yang dapat ditumbuhkan melalui penyuluhan atau pemberian informasi yang lengkap tentang pelestarian lingkungan kepada masayarakat umum. 

Selain itu, perubahan iklim di bumi sangat sulit untuk dicegah meskipun berbagai upaya antisipasi dan pencegahan telah banyak dilakukan. Keadaan ini memaksa manusia untuk dapat beradaptasi dengan perubahan iklim tersebut. 

Hari Bumi juga bertujuan mengubah mensed dan perilaku manusia yang merusak lingkungan/alam menjadi perilaku yang selalu cinta dan peduli terhadap lingkungan sekitarnya.

Dengan adanya peringatan hari bumi, Bumi akan menjadi terjaga dari kerusahakan lingkungan yang tidak kita inginkan, bisa juga untuk media mengingatkan kepada semua manusia bahwa pentingnya menjaga Bumi tempat kita berpinjak.

Supaya bumi ini terpelihara menjadi tempat yang indah sebagai pesona wisata alam dan masih banyak lagi manfaat dan tujuan di peringatinya Hari Bumi Sedunia. Karena Menjaga Bumi adalah kewajiban kita bersama. Baca Juga: Hari Batik Nasional dan Sejarah Asal Usul Perkembangannya

Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *