Wisata Embung Batara Sriten Telaga di Atas Awan GunungKidul Yogyakarta

Wisata Embung Batara Sriten Telaga di Atas Awan GunungKidul Yogyakarta

Diposting pada

Wisata Embung Batara Sriten Gunung Kidul – Terletak di kawasan perbukitan Batur Agung, Embung Sriten menjadi telaga buatan tertinggi di Yogyakarta. Embung Batara Sriten adalah salah satu tempat wisata baru di Gunung Kidul. Embung ini berada di ketinggian 896 meter diatas permukaan laut.

Fungsi utama dari didirikanya embung ini tak lain untuk sumber pengairan kebun buah.  Bila hujan turun maka embung inilah yang mempunayai fungsi sebagai penampung air hujan agar dimusim kemarau tiba, kebutuhan air masyarakat bisa tercukupi.

Sebenarnya objek wisata Gunung Kidul Jogja Embung Batara Sriten ini salah satu wisata yang termasuk baru dikembangkan. Mungkin sebagaian anda sudah banyak yang tahu bahwa sejak dulu Kabupaten Gunung kidul identik dengan kawasan kering yang gersang dan tandus serta rawan kekeringan pada musim kemarau.

Wisata Embung Batara Sriten Telaga di Atas Awan GunungKidul Yogyakarta

Hal ini dikarenakan kontur wilayahnya yang tersusun dari batuan karst atau batuan kapur. Namun sekarang pandangan tersebut perlu diubah sebab Gunungkidul justru menjadi kawasan yang menyajikan wahana wisata tirta paling beragam di Yogyakarta. Argo Embung Batara Sriten atau yang dikenal dengan nama Embung Sriten adalah salah satu obyek wisata tirta yang harus Anda kunjungi saat datang ke Yogyakarta.

Telaga buatan yang terletak di puncak bukit ini menjadi embung tertinggi di Yogyakarta, oleh karena itu bagi Wisatawan yang berkunjung ketempat wisata Embung Sriten pun akan dimanja dengan udara yang sejuk dan panorama yang sangat indah. Mata wisatawan tidak hanya disuguhi pemandangan telaga dengan latar awan gemawan dan hutan yang menghijau.

Wisata Embung Batara Sriten Telaga di Atas Awan GunungKidul

Wisata Embung Batara Sriten Telaga di Atas Awan GunungKidul Yogyakarta

Dari tempat ini wisatawan juga bisa menyaksikan Rawa Jombor serta Waduk Gajah Mungkur dari kejauhan. Jika anda berada di embung Batara Sriten pada malam hari wisatawan akan disuguhkan keindahan dari gemerlap lampu Kota Klaten dan Nglipar.

Dari ketinggian Embung Sriten juga wisatawan bisa menyaksikan keindahan sunset maupun sunrise tanpa terhalang pepohonan. Karena memang anda berada diketinggian sehingga pandanganpun jadi luas.

Keunikan dan keindahan lainnya dari wisata embung batara sriten begitu pagi menjelang, anda bisa menikmati gumpalan kabut yang melingkupi area di bawah embung yang berwarna hijau putih dan terlihat sangat menyejukkan setiap mata memandang. 

Wisata Embung Batara Sriten Telaga di Atas Awan GunungKidul Yogyakarta

Ditempat ini juga anda bisa menikmati keindahan kilauan cahaya keemasan yang menerpa permukaan air menjadi pemandangan menarik yang sayang dilewatkan jika sore menjelang. Selain menyajikan wisata telaga buatan unik yang indah, Embung Sriten ini menjadi kebun buah kelengkeng, manggis, durian, dan sirsak. 

Di tempat ini juga dibangun landasan paralayang berskala internasional guna untuk lebih menarik pengunjung untuk datang berlibur. Jangan lupa kunjungi juga 10 Tempat Wisata di Sleman Yogyakarta Yang Paling Populer yang bisa anda jadikan referensi jikan ingin berwisata di Jogja.

Lokasi dan Akses Menuju Wisata Embung Batara Sriten

Wisata Embung Batara Sriten Telaga di Atas Awan GunungKidul Yogyakarta

Tertarik untuk berwisata liburan dengan mengunjungi Wisata Embung Batara Sriten ini, Lokasinya terletak di Bukit Sumilir, Dusun Sriten, Desa Pilangrejo, Kecamatan, Nglipar, Gunungkidul. Jika anda dari Yogyakarta bisa mengikuti jalan yang menuju Gunungkidul.

Sesampainya di pertigaan Nglipar belok ke kiri dan ikuti jalan hingga menemukan Balai Desa Pilangrejo di ruas jalan Ngawen – Nglipar. Setelah itu Anda bisa bertanya kepada penduduk lokal kemana arah tempat wisata buatan Embung Batara Sriten.

Anda juga bisa melewati akses Jalan Solo menuju arah Klaten kemudian naik ke kawasan Gunungkidul. Bagi anda pengguna smartphone, silahkan cari di berbagai aplikasi GPS Tracking seperti google maps, waze, dan lain-lain. Embung Batara Sriten sudah terindeks di berbagai apliaksi GPS tersebut.

Harga Tiket di Wisata Embung Batara Sriten

Untuk bisa masuk di objek Wisata Embung Batara Sriten anda terlebih dahulu membayara Tiket masuk sebesar : Rp 3.000 / orang, sedangkan untuk biaya Parkir motor dikenakan biaya : Rp 2.000 dan parkir mobil sebesar: Rp 5.000,-. harga tiket yang masih sangat terjangkau dan murah sekali.

Tips Berwisata di Embung Batara Sriten
  • Bagi wisatawan yang hendak berkunjung ke Embung Sriten pastikan kendaraan Anda dalam kondisi prima, Hal ini dikarenakan akses menuju lokasi embung sriten dipenuhi jalan tanjakan dan tikungan tajam.
  • Jika kamu hanya datang sendirian, disarankan untuk meninggalkan embung sebelum mentari terbenam sebab selepas magrib jalanan akan sangat sepi.
  • Karena Medan tanjakan dan tikungan tajam anda juga harus ekstra hati-hati dan konsentrasi agar tetap menjaga kemanan untuk sampai ketujuan.
  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke Embung Batara Sriten adalah di pagi hari saat sunrise maupun sore hari menjelang sunset.
  • Sebaiknya anda tidak menggunakan motor matic karena banyaknya medan tanjakan.
  • Kendaraan terbaik untuk berwisata ke Embung Sriten adalah mobil offroad atau motor trail.
  • 2
    Shares
Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *