Wisata Jakarta Murah Meriah Untuk Liburan Akhir Pekan

Wisata Jakarta Murah Meriah Untuk Liburan Akhir Pekan

Diposting pada

Wisata Jakarta Murah Meriah – Jakarta merupakan kota nomor satu di Indonesia. Kota ini menjadi ibu kota sekaligus pusat perekonomian masyarakat Indonesia. Kota yang mendapat julukan kota metropolitan ini merupakan propinsi dengan tingkat kepadatan penduduk paling padat di Indonesia. Penduduk dari Sabang sampai Merauke datang dan mewarnai Kota Jakarta.

Meski menjadi pusat bisnis terbesar di Indonesia, kota ini memiliki banyak tempat yang menarik untuk dikunjungi. Banyak tempat yang bisa menjadi destinasi wisata yang sayang jika dilewatkan. Anda tidak perlu mengeluarkan ongkos mahal untuk memanjakan diri Anda dan keluarga.

Wisata Jakarta Murah Meriah Untuk Liburan Akhir Pekan

Karena selain murah, destinasi wisata ini juga akan memperluas wawasan kita tentang ibukota tercinta. Mau tau apa saja itu? Baca terus ya sampai habis!

1. Monumen Nasional (Tugu Monas)

Wisata Jakarta Murah Meriah Untuk Liburan Akhir Pekan

Monumen Nasional atau yang kita kenal dengan Monas merupakan ikon Kota Jakarta yang ramai dikunjungi wisatawan baik dalam maupun luar Kota Jakarta bahkan sampai wisatawan mancanegara. Tempat paling populer ini merupakan monumen kebanggaan negeri yang dibangun pada tahun 1959 dan diresmikan dua tahun kemudian pada tahun 1961sebagai monumen peringatan dengan ketinggian 132 meter (433 kaki) yang didesain oleh Soedarsono, Frederich Silaban dan Ir. Rooseno.

Monumen ini didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda. Didalamnya tersimpan jejak sejarah bangsa Indonesia, seperti naskah otentik dan rekaman asli deklarasi proklamasi tahun 1945. Monas terletak di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat.

Monas dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 –15.00 WIB, kecuali Senin pekan terakhir setiap bulannya ditutup untuk umum.

Tidak perlu kocek yang mahal untuk menikmatinya karena tiket masuk Tugu Monas adalah sebesar Rp 5 ribu per orang (dewasa), mahasiswa Rp 3 ribu, dan anak-anak Rp 2 ribu. Kamu bisa menikmati luasnya Kota Jakarta menggunakan lift ke puncak Monas, cukup dengan membayar tiket lift sebesar Rp 10 ribu per orang (dewasa) atau mahasiswa Rp 5 ribu.

Murah, kan? Selain itu, Anda bisa jalan-jalan santai di Taman Monas, yaitu sebuah hutan kota yang dirancang dengan taman yang indah.Kebayang, kan? Hanya dengan ongkos yang murah, Anda sudah dapat paket wisata yang lengkap di Monas. Menikmati taman hijau, belajar sejarah dan melihat indahnya panorama Kota Jakarta dari puncak Monas.

2. Pantai Ancol

Wisata Jakarta Murah Meriah Untuk Liburan Akhir Pekan

Jika Anda bosan dengan rutinitas bisnis atau keseharian Anda, cobalah untuk meng-upgrade diri dengan menikmati sunset di pesisir pantai Ancol. Bukan hanya sunset, Anda juga bisa menikmati deburan ombak yang mampu menenangkan pikiran. Ancol terletak tepat di bibir pantai Jakarta Utara. Destinasi wisata populer ini didirikan pada tahun 1966.

Tiket Masuk Gerbang Ancol
Senin – Jum’at
Sabtu/Minggu/Hari libur
Individu
Rp 25.000,-
Rp 25.000,-
Mobil
Rp 20.000,-
Rp 20.000,-
Motor
Rp 15.000,-
Rp 15.000,-
Harga hanya berlaku pada Sabtu/Minggu
 
Rp 12.000,-

Sejenak beristirahatlah sambil menikmati panorama keindahan pesisir pantai Jakarta Utara. Pemandangan di sekitar Pantai Ancolsungguh cantik sekali. Sayang sekali, jika Anda berkunjung ke Jakarta dan melewatkan keindahan Pantai Ancol.

3. Kebun Binatang Ragunan

Wisata Jakarta Murah Meriah Untuk Liburan Akhir Pekan

Rindu akan tingkah unik dan menggemaskan dari fauna Indonesia? Berkunjunglah ke Kebun Binatang Ragunan. Sebuah kebun binatang yang terletak di daerah Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Kebun binatang ini memiliki area yang sangat luas yaitu 140 hektare, didirikan pada tahun 1864. Di dalamnya, terdapat berbagai macam koleksi yang terdiri atas 295 spesies dan 4040 spesimen.

Perlu diketahui bahwa Kebun Binatang Ragunan merupakan kebun binatang pertama yang didirikan sebelum Indonesia merdeka. Lokasinya terletak di Jalan Harsono No. 1, Kelurahan Ragunan, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Anda bisa menggunakan Bus Transjakarta untuk sampai ke sini apabila tidak ada kendaraan pribadi.

Harga Tiket Masuk Ragunan

Kriteria Pengunjung
Harga Tiket
Dewasa
Rp 4.000,-/orang
Anak-anak
Rp 3.000,-/orang
Tarif Kendaraan
Jenis Kendaraan
Harga Tiket
Kendaraan Besar (Bus, Truck, Mobil Box)
Rp 15.000,-
Angkutan kecil (Minibus, truk kecil, picik up)
Rp 12.000,-
Mobil pribadi
Rp 6.000,-
Sepeda motor
Rp 3.000,-
Sepeda
Rp 1.000,-

Tidak sekedar melihat-lihat, Anda juga dapat merasakan Wisata Jakarta Murah Meriah sensasinya lebih dekat dengan binatang-binatang yang ada di Ragunan. Seperti naik kuda tunggang, naik ronta tunggang, naik gajah dan lain-lain. Bayangkan bagaimana rasanya menaiki onta, binatang padang pasir yang unik ini tanpa harus jauh-jauh ke Negeri Seribu Satu Malam, Arab Saudi.

Adapun jenis dan harga tiket masuk wahana dapat dilihat di bawah ini.
Jenis Wahana
Harga Tiket
Naik kuda tunggang
Rp 5.000,-
Naik onta tunggang
Rp 7.500,-
Naik gajah
Rp 7.500,-
Taman satwa anak
Rp 2.500,-
Taman perahu angsa
Rp 15.000,-
Kuda bendi
Rp 10.000,-
Naik sepeda
Rp 10.000,- s.d. Rp 15.000,- (sepeda tunggal dan sepeda ganda)
Harga Tiket Pusat Primata Schmutzer
Hari
Harga Tiket
Selasa – Jum’at
Rp 6.000,-/orang
Sabtu – Minggu/
Hari libur
Rp 7.500,-/orang

4. Masjid Istiqlal

Wisata Jakarta Murah Meriah Untuk Liburan Akhir Pekan

Kali ini, kita beralih ke wisata religi. Di Kota Metropolitan yang penuh dengan gemerlap ini, Jakarta memiliki kawasan wisata religi yang luar biasa. Masjid Istiqlal (arti harfiah: Masjid Merdeka) adalah masjid nasional negara Republik Indonesia yang terletak di pusat ibukota Jakarta. Pembangunan masjid ini diprakarsai oleh Presiden Republik Indonesia pertama, Ir. Soekarno di mana pemasangan batu pertama, sebagai tanda dimulainya pembangunan Masjid Istiqlal dilakukan oleh Ir. Soekarno pada tanggal 24 Agustus 1951.

Arsitek yang indah dari Masjid Istiqlal dirancang oleh Frederich Silaban, seorang Kristen Protestan. Masjid Istiqlalini terletak di bekas Taman Wilhelmina, di timur laut lapangan Medan Merdeka yang ditengahnya berdiri  Monas. Bangunan utama masjid ini terdiri dari lima lantai dan satu lantai dasar. Masjid ini memiliki gaya arsitektur modern dengan dinding dan lantai berlapis marmer, dihiasi ornamen geometrik dari baja antikarat.

Bangunan utama masjid dimahkotai satu kubah besar berwarna putih ini berdiameter 45 meter yang ditopang 12 tiang besar. Terdapat pula menara tunggal setinggi 96,66 meter yang menjulang di sudut selatan selasar masjid. Masjid ini mampu menampung lebih dari dua ratus ribu jamaah.Wow, luas sekali ya…

Wisata Jakarta Murah Meriah Untuk Liburan Akhir Pekan

Masjid Istiqlal merupakan masjid yang multifungsi, yakni selain digunakan sebagai aktivitas ibadah umat Islam. Selain itu juga digunakan sebagai kantor berbagai organisasi Islam di Indonesia, aktivitas sosial dan kegiatan umum. Masjid ini juga menjadi Wisata Jakarta Murah Meriah yang menarik dan terjangkau untuk semua kalangan.

Bukan hanya untuk masyarakat muslim, masyarakat non-Muslim juga dapat berkunjung ke masjid ini. Namun setelah sebelumnya mendapat pembekalan informasi mengenai Islam dan Masjid Istiqlal. Meskipun demikian bagian yang boleh dikunjungi kaum non-Muslim terbatas dan harus didampingi pemandu yang disediakan oleh Pengurus Masjid Istiqlal.

5. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Wisata Jakarta Murah Meriah Untuk Liburan Akhir Pekan

Selanjutnya Wisata Jakarta Murah Meriah, mari menjelajahi kekayaan budaya Indonesia melalui Taman Mini Indonesia Indah (TMII), suatu kawasan taman wisata budaya Indonesia di Jakarta Timur. Area seluas kurang lebih 150 hektar ini merupakan kumpulan kebudayaan bangsa Indonesia, yang mencakup berbagai aspek kehidupan sehari-hari masyarakat di 26 provinsi Indonesia.

TMII dibangun pada tahun 1975.Berbagai bentuk kebudayaan ditampilkan dalam anjungan daerah berarsitektur tradisional. Selain itu, juga menampilkan aneka busana, tarian, dan tradisi daerah. Selain kebudayaan, terdapat sebuah danau yang menggambarkan miniatur kepulauan Indonesia di tengahnya, kereta gantung, berbagai museum, dan Teater IMAX Keong Mas dan Teater Tanah Airku), berbagai sarana rekreasi ini menjadikan TMIII sebagai salah satu kawasan wisata terkemuka di ibu kota.

Anda hanya perlu membayar Rp 10.000,- untuk tiket masuk TMII (berlaku untuk perorangan dengan usia 3 tahun ke atas). Sementara tiket masuk kendaraannya cukup bervariasi. Selengkapnya baca Objek Wisata Taman Mini Indonesia Indah.

 
Pintu Masuk TMII
Jenis Kendaraan
Harga
Senin – Minggu
Bus/Truk
Rp 30.000,-
Pukul 07.00 – 22.00 WIB
Mobil
Rp 10.000,-
 
Motor
Rp 6.000,-
 
Sepeda
Rp 1.000,-
TMII memiliki beberapa wahana yang tentunya, setiap wahana memiliki harga tiket masuk yang berbeda-beda. 

6. Kota Tua

Wisata Jakarta Murah Meriah Untuk Liburan Akhir Pekan

Wisata Kota Tua Jakarta adalah salah satu destinasi wisata sejarah yang terkenal. Bagi Anda pecinta vintage, Kota Tua adalah tempat Wisata Jakarta Murah Meriah yang tepat untuk hunting foto ala zaman kuno Belanda. Perlu Anda ketahui bahwa Kota Tua ini merupakan salah satu dari cikal bakal berdirinya Jakarta. Di sini, terdapat beberapa karya arsitektur bangunan-bangunan kolonial Belanda yang masih berdiri gagah hingga sekarang.

Anda tidak perlu membayar sepeserpun untuk menikmati wisata Kota Tua. Anda bisa berjalan kaki mengelilingi kawasannya. Sekalian untuk menyehatkan tubuh Anda. Jika lelah, ada jasa sewa sepeda tua yang tersedia di sini agar perjalanan wisata Anda menjadi lebih seru. Di kawasan Kota Tua, terdapat enam lokasi penuh nilai sejarah yang wajib Anda jelajahi.

Di antaranya yaitu Pelabuhan Sunda Kelapa, tiga bangunan utama di Kota Tua yaitu Museum Fatahillah, Museum Seni Rupa dan Museum Wayang, serta dua bangunan lain yaitu Museum Mandiri serta Stasiun Kereta Api Kota.

Itulah beberapa Wisata Jakarta Murah Meriah Untuk Tujuan Liburan di Jakarta yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga. Wisata itu perlu, loh! Tapi berwisatalah dengan bijak. Pilihlah destinasi yang mampu menyegarkan pikiran sekaligus menambah wawasan Anda dan tentu saja yang tidak menguras isi dompet Anda. 

Jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan setiap momen indah dan berharga di setiap destinasi wisata murah dan unik di Jakarta. Jangan mengambil apapun kecuali foto dan jangan meninggalkan apapun kecuali jejak. Selamat berlibur!

Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *