Wisata Religi di Masjid Raya Baiturrahman Aceh

Wisata Religi di Masjid Raya Baiturrahman Aceh

Diposting pada

Masjid Raya Baiturrahman Aceh – Nanggroe Aceh Darussalam atau lebih dikenal dengan Aceh adalah sebuah provinsi di ujung Negara Indonesia setelah Sabang yang mendapat julukan sebagai Serambi Mekah, karena memang dilihat dari masyarakatnya mayoritas dan sebagian besar beragama Muslim/Islam.

Provinsi ini banyak memiliki destinasi wisata dengan keindahan alam yang luar biasa, mulai dari wisata pantai sampai pegunungannya. Setelah mengalami kerusakan akibat tsunami pada tahun 2004 di sebagian wilayahnya banyak mengalami kerusahakan termasuk tempat wisata yang ada di Aceh, meskipun begitu Aceh dengan cepat kembali bangkit dan menata sektor pariwisatanya dengan baik.

Salah satu sektor pariwisata di Aceh yang terkenal bagi Umat muslim khususnys adalah Masjid Raya Baiturrahman. Masjid yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1612 ini telah menjadi ikon Aceh. Masjid ini banyak dikunjungi khususnya bagi para pecinta wisata Religi.

Bangunan utama masjid Baiturhman ini berwarna putih dengan kubah hitam besar dikelilingi oleh tujuh menara. Sehingga membuat masjid ini tanpak megah. Dihalamannya juga di hiasi kolam besar dan pancuran air menambah keindahannya.

Dimasjid ini pula Setiap pengunjung bisa berkeliling maupun sholat di tempat tesebut. Dengan suasanya yang adem membuat betah para pengunjung untuk berlama-lama berada di masjid yang banyak cerita sejarahnya ini.

Masjid Raya Baiturrahman Aceh

Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh salah satu destinasi wisata religi yang sangat favorit bagi wisatawan di Kota Banda Aceh. Masjid bersejarah ini bukan hanya menjadi ikon Serambi Mekkah. Tapi juga merupakan sebuah simbol perjuangan dan penyebaran Islam di Indonesia hingga semenjung Asia Tenggara.

Dengan latar belakang sejarah tersebut, wajar kalau keberadaan masjid ini mengundang banyak perhatian wisatawan dunia. Khususnya wisatawan yang ingin mengetahui sejarah Kota banda Aceh Terutama Masjid Raya Baiturrahman di Aceh.

Masjid Raya Baiturrahman Aceh ini selain banyak dikunjungi atau dpenuhi jama’ah saat waktu sholat tiba, memang itu fungsi utama masjid pada umumnya yaitu sebagai tempat ibadah. Namun masjig ini juga banyak dikunjungi para wisatawan sebagai tujuan wisata religi favorit di Aceh.

Masjid ini selalu ramai wisatawan, kebanyak para wisatawan akan menyempatkan untuk datang kemasjid baturrahman jika sedang berada di provinsi aceh. Biasanya berkunjung ke masjid ini untuk mengetahui sejarah maupun sebagai tempat tujuan wisata religi.

Selain mengunjungi masjid Baiturrahman wisatawan biasanya melakukan perjalanannya ke Tempat Wisata Napak Tilas Sejarah Aceh, yang memang sudah otomatis menjadi agenda dalam perjalanan wisata ketempat bersejarah di Aceh.

Lokasi Masjid Raya Baiturrahman Aceh

Tertarik untuk mengunjungi masjid bersejarah di Aceh yaitu Masjid Raya Baiturrahman ini lokasinya berada di kota banda Aceh di Jl. Masjid Raya Baiturrahman. Dengan letak yang strategis dan mudah dijangkau, karena berada di pusat kota banda aceh. Sehingga banyak sekali wisatawan mengunjungi masjid ini.

Selain karena ada nilai sejarah masjid yang banyak mengundang decak kagum dari setiap pengunjung/wisatawan. Memang terlihat megah dan mengundang rasa penasaran untuk menyempatkan singgah ketempat ini.

Cukup itu saja sekilas mengenai wisata religi di Masjid Raya Baiturrahman Aceh. Semoga dengan artikel ini bisa menambah daftar tempat wiisata religi anda. Baca Juga: Pulau Rubiah Sabang, Surga Wisata Bawah Laut di Aceh

Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *