Wisata Religi di Museum Al Qur'an Raksasa Kota Palembang

Wisata Religi di Museum Al Qur’an Raksasa Kota Palembang

Diposting pada
  • 1
    Share

Wisata Religi di Museum Al Qur’an Raksasa – Palembang merupakan ibukota Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Provinsi ini di kenal memiliki banyak obyek wisata. Baik Wisata sejarah maupun wisata budaya yang bernilai tinggi. Namun terlepas dari tempat wisata Palembang tersebut, ada objek wisata di Palembang yang populer di Kalangan umat Islam. Bukan hanya umat Islam di Indonesia tapi sudah terkenal sampai mancanegara.

Mungkin sebagian sudah ada yang tahu, ya tempat wisata religi Kota Palembang yang menjadi favorit wisatawan khususnya umat muslim adalah Museum Alquran Raksasa. Tempat wisata ini menampilkan sebuah al quran terbesar pertama di dunia dalam bentuk Alquran 30 juz yang di buat pada media kayu jenis trembesi (kayu ulin). Alqur’an ini juga dikenal dengan sebutan Alquran Raksasa.

Sebelum diletakan di Museum, Alquran terbesar ini sebelum resmi dipublikasikan, terlebih dahulu sengaja di pajang seluruh ayat-ayat suci di dalam ruang pamer Masjid Agung Palembang selama tiga tahun. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan koreksi dari seluruh umat. Karena terbilang langka banyak wisatawan yang datang berkunjung untuk Wisata Religi di Palembang. Ini guna untuk melihat secara langsung bentuk dari Al Qur’an Raksasa tersebut.

Tentang Wisata Religi Alqur’an Raksasa di Kota Palembang

Wisata Religi di Museum Al Qur'an Raksasa Kota Palembang

Alquran ini diberi nama Al-Qur’an Al-Akbar atau yang juga dikenal dengan sebutan Alquran Raksasa. Ayat suci Al-Quran 30 juz yang berhasil dipahat/diukir ala khas Palembang dalam lembar kayu. Untuk pembuatannya menghabiskan kurang lebih 40 meter kubik kayu trembesi (kayu Ulin). Dengan Biaya yang dihabiskan tidak kurang dari Rp 2 miliar.

Masing-masing lembar ukuran halaman Al qur,an raksasa ini adalah 177 x 140 x 2,5 sentimeter dan tebal keseluruhannya termasuk sampul mencapai 9 meter. Kemegahan dan keunikan Alqur’an ini menjadi pemandangan luar biasa dan akan membuat takjub setiap wisata yang berkunjung dan melihat langsung.

Alquran yang diukir pada kayu ini terdiri dari 630 halaman yang langsung dilengkapi dengan tajwid serta doa khataman bagi pemula. Setiap lembar terpahat ayat suci Alquran pada warna dasar kayu coklat. Di pahat dengan huruf Arab timbul warna kuning, dilengkapi ukiran motif kembang di bagian tepi ornamen. Ukiran khas Palembang yang sangat indah di pandang dan enak dibaca.

Alqur’an Raksasa (al akbar)

Proses pembuatannya sendiri memakan waktu relatif lama, sekitar tujuh tahunan. Sehingga karya ini akan mengundang decak kagum setiap pengunjung museum Alqur’an raksasa. Hasil karya Alqur’an raksasa (al akbar) ini mulai dipublikasikan pada 30 Januari 2012, oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Dalam peresmian tersebut dihadiri oleh seluruh delegasi konferensi parlemen Organisasi Konferensi Islam (OKI). hal ini guna untuk meresmikan penggunaan Alquran yang disebut sebagai Alquran terbesar di dunia yang dicetak di atas lembaran kayu trembesi (kayu ulin).

Keberadaan Al Quran raksasa ini cepat terdengar kalangan masyarakat di seluruh penjuru tanah air. Bahkan sampai terdengar ke dunia internasional dan sekaligus mengakui kemegahan dan ketakjuban karya seni Islam dengan ukiran khas Palembang. Alqur’an yang memiliki ukuran terbesar yang pernah ada. 

Selain itu Al Qur’an raksasa ini juga mendapat pengakuan dari Muri bahkan dari parlemen negara-negara Islam yang ada di dunia tahun 2012. Jadi sebagai masyarakat palembang patut berbang dengan keberadaan Al Qur’an raksasa ini.

Baca Juga: Tempat Wisata Religi di Demak Saat Bulan Ramadhan dan Manfaatnya

Alamat dan Lokasi Museum Alquran Raksasa 

Wisata Religi di Museum Al Qur'an Raksasa Kota Palembang

Wisata Religi di Kota Palembang Museum Alquran Raksasa ini alamat berlokasi di Jalan M Amin Fauzi, Soak Bujang, RT 03, RW 01, Kelurahan Gandus, Kecamatan Gandus, Palembang Sumatera Selatan (sumsel). Tepatnya di Pondok Pesantren Al Ihsaniyah Gandus Palembang.

Bagi Anda yang ingin berkunjung di museum alqur’an raksasa ini terutama yang berasal dari luar Kota Palembang. Untuk akses menuju lokasinya bisa dimulai dari Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II (SMB II) Palembang.

Selanjutnya bisa menggunakan transfortasi seperti taksi atau bisa juga menggunakan transportasi umum yaitu Trans Musi. Kemudian turun di Halte Jambatan Musi II. dan perjalanan dilanjutkan dengan menumpang angkot jurusan Gandus tempat museum berada.

Bagi pengunjung yang ingin masuk ke museum Alquran Raksasa, diharuskan terlebih dahulu membayar harga tiket masuk sebesar Rp 5.000,- /orang. Di museum akan ada petugas yang siap mendampingi Anda jika diperlukan. Agar bisa menjelaskan kepada anda tentang sejarah mengenai Alqur’an raksasa tersebut.

Ditempat ini anda akan secara langsung melihat keindahan kepingan alqur’an yang disusun pada bagunan bertingkat dan tertata rapi sehingga memberikan pemandangan yang luar biasa indah.

Mengunjungi Museum Al Qur’an Raksasa di Kota Palembang ini dapat menjadi salah satu tujuan wisata religi saat anda mengunjungi Kota palembang, Sumatera Selatan Indonesia. Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Palembang Paling Populer

Gambar Gravatar
"Serius dalam menjalani hidup harus di buktikan dengan fokus mengerjakan sesuatu tanpa harus menyerah saat gagal"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *