Strategi Soft Selling Terbaik yang Bantu Memajukan Bisnis

Promosi adalah kegiatan yang sangat penting dalam kebutuhan bisnis, salah satu yang bisa dilakukan adalah strategi soft selling. Pastinya setiap pemilik bisnis perlu tahu strategi soft selling terbaik untuk kebutuhan bisnis.

Soft selling sendiri adalah strategi penjualan yang fokus pada pembangunan hubungan dengan pelanggan. Tujuan utamanya adalah mencapai target penjualan dalam waktu yang cukup lama. 

Apa itu Soft Selling & Manfaatnya?

Sebelum memahami strategi soft selling terbaik, ada baiknya untuk memahami pengertian serta manfaatnya. Secara umum, soft selling merupakan strategi penjualan yang dilakukan dengan tidak langsung. 

Fokus utama strategi ini yaitu untuk membangun hubungan, memberikan informasi, dan memberikan solusi pada pelanggan. Berikut ada beberapa manfaat soft selling yang sangat membantu perkembangan bisnis.

  1. Soft selling dapat membantu meningkatkan loyalitas pelanggan agar bisa memberikan kebutuhan maupun penyelenggaraan permasalahan pelanggan.
  2. Jika ingin menarik lebih banyak pelanggan, maka bangun rasa kepercayaan pelanggan terhadap suatu bisnis yang dipromosikan. 
  3. Citra positif bisa terbangun lebih mudah melalui soft selling dengan pelayan yang ramah dan bisa memberikan kenyamanan.

Perbedaan Soft Selling dan Hard Selling

Pengertian soft selling terkadang tidak membuat pemilik bisnis puas, bahkan masih kesulitan membedakannya dengan hard selling. Oleh karena itu, perlu memperhatikan perbedaan antara soft selling dan hard selling berikut. 

  1. Soft selling lebih terfokus pada pendekatan secara persuasif, sedangkan hard selling bisa dirasakan secara langsung oleh pelanggan. 
  2. Hard selling cenderung menggunakan pendekatan langsung tanpa basa-basi untuk mencapai target, dan soft selling adalah kebalikannya.
  3. Jika dari promosi, soft selling lebih mengutamakan hubungan jangka panjang, hard selling tujuannya untuk mendorong pembelian langsung. 

Teknik Melakukan Strategi Soft Selling

Penjualan suatu produk bisa ditingkatkan dengan memanfaatkan taktik soft selling. Namun soft selling tidak bisa Anda lakukan sembarangan, ada strategi soft selling yang penting seperti berikut.

1. Bangun Kepercayaan dengan Konsumen

Mulai bangun kepercayaan dengan konsumen, caranya perlu mengirim email kepada konsumennya terkait promo terbaru. Selain itu penting juga memberikan respon cepat kepada konsumen yang bertanya tentang produk tertentu. 

2. Memberikan Value & Memecahkan Masalah Konsumen

Setiap pemilik bisnis penting untuk selalu memberikan value serta memecahkan masalah yang dialami konsumen. Sehingga konsumen lebih tertarik untuk sekedar melihat produk yang ditawarkan hingga membeli.

3. Buat Message yang Menarik

Ada baiknya untuk membuat message yang menarik agar konsumen merasa membutuhkan produk yang dipromosikan. Message tersebut bisa berisi siaran hari spesial atau adanya promo yang ditawarkan.

4. Gunakan Pendekatan Customer-Centric

Penting juga untuk melakukan pendekatan Customer-Centric agar upaya mempromosikan produk bisa berjalan maksimal. Customer centric merupakan strategi bisnis untuk memahami persepsi dan situasi pelanggan.

Jika ingin memaksimalkan strategi soft selling, maka gunakan saja service BDD Agency. Hal ini karena service tersebut sudah membantu lebih dari 800 klien dengan tim-tim profesional.